Tak Cukup Modal Semangat Berolahraga, 4 Prinsip Ini Harus Diperhatikan

Sabtu, 11 September 2021 11:28 Rizky Healthy

Tak Cukup Modal Semangat Berolahraga, 4 Prinsip Ini Harus Diperhatikan

 

Koropak.co.id - Tak ada yang membantah bahwa olah raga itu membuat tubuh sehat, jiwa kuat dan bahagia menjalani kehidupan. Sudah terbukti dan teruji pula, olahraga merupakan cara ampuh meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Tapi ingat, olahraga tak cuma modal semangat. Seperti yang telah disarankan oleh dr. Tanya Rotikan,Sp.OK, dalam berolah raga seyogianya kita harus memenuhi empat prinsip sebagai berikut:

1. Baik

Setip berolah raga pastinya memiliki beberapa tahapan, setiap tahapan tersebut memerlukan pemanasan yang benar berupa peregangan sekitar (5-10 menit). Setelah itu masuk ke latihan inti dengan berjalan agak cepat (10 menit). Kemudian masuk ke tahap pendinginan dengan menurunkan tempo olahraga selama (5-10 menit).

 

Baca : Masih Muda Tapi Pelupa, Atasi dengan Olahraga Ini

 

2. Benar

Kamu perlu mengenali kondisi tubuh terlebih dahulu apakah mengidap penyakit tertentu atau tidak. Sebab kamu bisa mendapatkan saran tentang jenis olahraga apa yang bisa kamu ikuti untuk kondisi kesehatan kamu.

3. Terukur

Kamu harus memiliki target dalam berolahraga, dan lakukan sesuai kemampuan tubuh kamu. Kamu dapat melakukan pengukuran denyut nadi latihan dengan rumus:(220-usia)x60%. Contoh:220-35(usia)= 180x 60%

Hasil denyut nadi bisa kamu ukur sambil berjalan kaki. Namun jika tubuhmu tak mampu memenuhi target yang di inginkan, Lakukan dengan menyicil di pagi dan sore hingga kamu dapat mencapai target.

4. Teratur

Lakukan 3-5 kali seminggu secara teratur selama 1 jam. Untuk olahraga ringan seperti berjalan kaki dan lompat tali, cukup lakukan dengan santai setiap hari selama 30 menit, atau sesuai kemampuan.*

 


Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait