Viral Remix Suara Azan dan Sejumlah Kontroversi TV Mnet Korea

Jum'at, 10 September 2021 16:09 Eris Kuswara Intermezo

Viral Remix Suara Azan dan Sejumlah Kontroversi TV Mnet Korea

 

Koropak.co.id - Stasiun televisi Korea Selatan, Music Network alias Mnet kembali membuat kontroversi. Kali ini anak perusahaan dari CJ Entertainment tersebut dituding memakai suara azan sebagai intro salah satu acara mereka, survival Street Woman Fighter.

Mnet dikecam lantaran tak hanya menyinggung kaum muslim seluruh dunia, namun nilai-nilai persaudaraan, keberagaman dan hak asasi keyakinan. Alhasil, netizen mendesak Mnet meminta maaf dan menyerukan sejumlah tagar di Twitter, misalnya #Adzanbukanmainan, #Mnetapologize, #Mnetapologizemuslim dan #MnetdisrespectAdzan.

Sebagai informasi mengenai tayangan acara Mnet ini, Street Woman Fighter, merupakan acara survival Mnet yang menampilkan persaingan kru tari wanita. Sebanyak delapan kru tari bersaing untuk menjadi nomor satu. Sejumlah genre menampilkan karya terbaiknya, mulai dari waacking, hip hop, breakdance, locking dan krumping.

Sebelum kehebohan yang dituding menyepelekan adzan ini, acara survival sebenarnya telah jadi kontroversi sejak tayang perdana pada Selasa (24/8/2021) lalu. Sebabnya, pada episode pertama Street Woman Fighter, Mnet diduga telah memojokkan Chaeyeon, salah satu kontestan.

Sebelum program Street Woman Fighter, Mnet juga telah menuai kontroversi. Misalnya, dugaan manipulasi voting Produce 101. Acara ini semacam ajang pencarian bakat yang diikuti lebih dari 3.000 kontestan.

Sayangnya, audisi ini dinilai gadungan alias banyak permainan dibelakang layar. Untuk kasus ini, pihak pengadilan setempat sudah memanggil direktur produser dari acara itu untuk diadili karena dugaan penipuan.

Kontroversi lainnya adalah dugaan ketidakadilan Mnet dalam acara Acara Survival Kingdom. Sama seperti acara lainnya, dalam acara ini Mnet dituduh memperlakukan salah satu grup KPop dengan tidak adil.

 

Baca : Tuai Kontroversi, Mnet Akhirnya Minta Maaf

Dan terakhir adalah remix azan. Kelakuan Mnet ini seperti tidak ada kapoknya. Intro dalam acara itu menampilkan panggilan azan yang terdengar samar-samar pada menit ke 57 detik hingga 1 menit 40 detik.

Salah seorang pengguna TikTok @yourbestieotd sampai membandingkan suara azan dengan opening yang digunakan Mnet dalam acara survival itu. Akibatnya, semakin banyak netizen yang menyadari kejanggalan tersebut.

Berikut ini, sejumlah komentar warga twitter terkait dengan perilaku Manet tersebut:

"Astagfirullah mnet lo berdosa bgtt gilaa, suara adzan di remix ya allah, sakit bgt agama gua diginiin
Minta maaf gaa cukup woii, masa ga tau suara adzan," tulis akun Twitter @dellaseptiana10.

"Gue emang suka sama grup grup korea. Tapi kalo udah menyangkut urusan agama sendiri, sorry ngefangirl gue pending dulu. Gue yakin Mnet udah ngerencanain ini. Sekarang yang diperlukan banyak orang cuma lo minta maaf mnet!" tulis akun Twitter @_ttiwii.

"Astagfirullah, suka ngadi ngadi ni mnet. Sedih banget adzan tuh buat manggil orang ibadah ya Allah.. Minta maaf buru mnet," tulis akun Twitter @Tasyadara131.

Di tengah kontroversi Mnet, netizen juga turut menemukan lagu serupa yang diduga telah digunakan sebagai intro acara survival Street Woman Fighter. Lagu itu berjudul 'Azan' yang dirilis pada tahun 2010 dalam album berjudul Beautiful Losers dan dibawakan oleh band asal Inggris, LOSERS.

Netizen turut mengecam band Inggris tersebut karena dituding telah mencampurkan suara Azan dan membuat panggilan azan terdengar samar. Bahkan kolom komentar channel YouTube LOSERS diserbu netizen yang meminta video lagu 'Azan' dihapus.

Bagaimana tanggapan pihak Mnet?

Setelah ramai dikecam oleh netizen sedunia, Mnet akhirnya menyampaikan permintaan maafnya. Stasiun televisi Korea Selatan mengakui kekeliruannya karena menggunakan suara azan pada salah satu programnya.

Berikut ini, permintaan maaf pihak Mnet melalui akun Instagram resminya. Permintaan maaf tersebut disampaikan dalam bahasa korea dan ada terjemahan bahasa Inggris.

Jika disimpulkan, kurang lebih pihak Mnet dengan mengatasnamakan tim produksi ‘Street Woman Fighter’menyampaikan permintaan maafnya karena karyanya itu membuat tidak nyaman banyak pihak.

Meski begitu, mereka mengklalim bahwa latar musik remix berlatar suara azan itu cocok dengan karya mereka. "Kami tentu tidak memiliki niat lain," tulis akun tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait