Bunga Bawang, Sayuran Musiman Bertekstur Renyah yang Kaya Akan Manfaat

Selasa, 31 Agustus 2021 09:34 Rizky Kuliner

Bunga Bawang, Sayuran Musiman Bertekstur Renyah yang Kaya Akan Manfaat

 

Koropak.co.id - Pernah mencicipi bunga bawang? Diketahui sayuran tersebut merupakan sayuran musiman yang dipanen dari tanaman bawang merah. Sayuran ini juga diketahui memiliki rasa dan aroma yang mirip seperti kucai, akan tetapi batangnya lebih renyah.

Bunga prei atau bunga bawang sebenarnya merupakan sayuran berupa bunga dan tangkai bawang merah dengan batangnya yang tebal dan berongga. Sementara bunganya berwarna putih serta memiliki aroma seperti bawang merah atau kucai dan lebih tajam daripada daun bawang dan bawang perai biasa.

Batang bunga bawang sendiri memiliki tekstur yang renyah. Bahkan semakin mendekati pangkal, maka akan semakin berserat dan keras pula bagian tangkainya. Sayuran ini juga bersifat musiman dan diketahui sesuai dengan musim tanam serta panen bawang merah. Sama halnya seperti kebanyakan spesies bawang, bunga bawang juga mengandung alium yang menjadi sumber aroma tajamnya. Bunga bawang juga kaya akan kalium dan zat besi.

 

Baca : Inilah Deretan Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia

Sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan, yaitu flavonoid bernama lutein dan zeaxanthin. Bunga bawang ini cukup kaya akan vitamin K serta memiliki berbagai kandungan mulai dari asam folat, protein dan kalsium. Sementara itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, bunga daun bawang memiliki sifat antikanker dari lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya. Bahkan beberapa jenis kanker yang bisa dicegah oleh kedua antioksidan tersebut adalah kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, dan kanker usus.

Selain itu, melalui penelitian yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute, disebutkan apabila alium yang dimiliki sayur ini juga bisa mencegah kanker prostat. Para pria yang mengonsumsi alium dalam sayuran terbukti memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker prostat. Vitamin K di dalam bunga bawang juga ternyata bisa meningkatkan kekuatan, kesehatan, dan kepadatan tulang. Sayuran ini juga baik bagi para penderita diabetes dan jantung.

Jika kamu ingin mengolah sayuran yang satu ini, maka sebelum mengolahnya, kamu harus pisahkan batang yang sudah menguning atau busuk dari batang yang masih hijau. Gunakanlah batang yang masih hijau dan renyah saja. Kemudian buang pangkal batang dengan mengirisnya dengan panjang 5 hingga 8 centimeter. Bunga bawang ini juga bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Bahkan bagian tanaman bawang merah ini bisa diolah menjadi masakan tumis atau masakan kuah santan dan dimasak bersama tempe, tahu atau ikan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait