Inilah Solusi Atasi Rasa Kantuk Berlebih Setelah Makan Nasi

Senin, 30 Agustus 2021 11:40 Rizky Healthy

Inilah Solusi Atasi Rasa Kantuk Berlebih Setelah Makan Nasi

 

Koropak.co.id - Apakah kamu sadar saat setelah makan nasi, tubuhmu merasa ngantuk dan lesu? Hal itu dikarenakan karena nasi merupakan makanan tinggi karbohidrat. Selain itu, semua karbohidrat mempunyai efek yang sama ketika masuk ke dalam tubuh. Karbohidrat tersebut diubah oleh tubuh menjadi glukosa yang membutuhkan insulin. Sehingga, begitu muncul lonjakan insulin, maka akan mendorong otak untuk memasukkan asam lemak esensial triptofan.

Proses tersebut membuat melatonin dan serotonin yang merupakan hormon penenang dan menyebabkan rasa kantuk meningkat. Hal itulah yang kemudian memicu respon sistem saraf untuk membuat tubuh menjadi lambat, akibatnya juga menjadi tidak bisa fokus pada hal lain kecuali pencernaan. Jika kamu merasakan kantuk berlebih, berikut beberapa solusi dari Ahli gizi yang bisa kamu terapkan sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (30/8/2021).

 

Baca : Inilah Cara Efektif Hilangkan Rasa Kantuk di Siang Hari

1. Makan lebih sedikit karbohidrat

Makan siang haruslah memiliki takaran 50 persen sayuran, 25 persen protein dan 25 persen karbohidrat. Meskipun banyak makan karbohidrat bisa memberikan kamu lebih banyak energi, namun untuk terhindar dari lesu, maka kamu bisa mengonsumsi karbohidrat tersebut dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Makan lebih sedikit

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak nasi dibandingkan roti bisa membuat karbohidrat yang masuk menjadi lebih besar. Sehingga hal itulah yang bisa menyebabkan kantuk. Semakin banyak makan, maka kamu pun akan sulit melawan rasa lelah itu. Oleh karena itulah, kontrol porsi makan yang baik adalah kunci utama dalam mengatasi rasa kantuk berlebih.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait