Sustainable Fashion Jadi Tren yang Banyak Disuarakan Masyarakat

Sabtu, 21 Agustus 2021 06:52 Rizky Fashion

Sustainable Fashion Jadi Tren yang Banyak Disuarakan Masyarakat

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa belakangan ini, tren 'sustainable fashion' banyak disuarakan oleh masyarakat. Sustainable fashion sendiri merupakan praktik fashion yang lebih bertanggung jawab dan mempertimbangkan dampak dari lingkungan.

Tidak hanya desainer atau produsen baju, bahkan seorang konsumen juga ternyata bisa ikut menerapkannya demi keberlanjutan lingkungan dan membantu dalam menjaga bumi. Oleh karena itu, berikut sejumlah tips dari sustainable fashion dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (21/8/2021).

1. Memilih bahan yang ramah lingkungan
Baju berbahan sintesis, seperti nilon hingga spandex diketahui bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Oleh karena itulah, pemakaian bahan eco-friendly bisa menjadi solusi, seperti tenncel. Diketahui, kain tekstil kelas premium ini terbuat dari serat kayu yang dilestarikan dan diproduksi secara berkelanjutan. Selaih itu, tencel juga bisa dibilang lembut dan nyaman serta mempunyai manfaat sifat antibakteri dikarenakan mudah menyerap kelembaban berlebihan pada kain. 

 

Baca : Hijabers, Ini Fashion Item Penunjang Penampilan Hijab Simpel

2. Melakukan thrift shopping
Kedua, kamu juga dapat melakukan thrift shopping. Daripada membeli baju baru, lebih baik kamu memilih pakaian yang secondhanded. Selain itu, kamu juga bisa mencoba hunting baju bekas alias pre-loved yang kece di thrift shop. Meskipun berlabel 'bekas', akan tetapi produk yang ada mempunyai kualitas yang masih terbilang baik, dan yang terpenting harganya itu 2 kali terjangkau lebih murah.

3. Memanfaatkan baju lama di lemari
Terakhir, kamu bisa memanfaatkan baju lama di lemari. Menerapkan fesyen yang berkelanjutan itu, bisa dimulai dengan memaksimalkan pakaian lama di lemari yang masih layak dipakai. Apabila rusak, cobalah untuk menahan diri untuk membeli lagi. Lebih baik kamu bisa mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Misalnya, ketika ada kancing yang lepas, kamu bisa menjahit kembali dengan jarum dan benang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait