Inilah Deretan Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 18 Agustus 2021 11:36 Rizky Kuliner

Inilah Deretan Makanan Khas Hari Kemerdekaan Indonesia

 

 

Koropak.co.id - Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, tentunya tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap makanan khas 17 Agustusan dari berbagai daerah di Indonesia. Makanan yang identik dengan hari kemerdekaan ini tentunya sangat istimewa, dikarenakan terdapat sejarah dan filosofis yang terkandung di dalamnya.

Selain rasanya yang nikmat, makanan khas HUT RI ini juga mudah dibuat dan gampang sekali ditemukan terutama saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut beberapa makanan khas 17 Agustusan untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (18/8/2021).

1. Tumpeng Merah Putih
Jika pada umumnya tumpeng itu berwarna kuning, namun tumpeng merah putih ini memiliki gradasi warna layaknya bendera Indonesia.
Diketahui, warna merah putihnya berasal dari beras merah dan beras putih yang disajikan dalam bentuk mengerucut. Makanan khas HUT RI ini juga biasanya turut dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur, ayam goreng, perkedel, tempe, kentang, dan lainnya. Selain itu, menyantap tumpeng merah putih di Hari Kemerdekaan Indonesia dapat bermakna wujud syukur atas pencapaian yang berhasil diraih.

2. Telok Pindang
Telok pindang merupakan sajian telur ayam yang direbus selama lima jam dengan campuran daun salam, kulit bawang, gula merah, dan asam jawa. Saat bulan Agustus tiba, telok pindang ini banyak dijajakan para penjual di kota Palembang. Makanan ini juga pada awalnya hanya dihidangkan untuk memperingati ulang tahun ratu Belanda Wilhelmina di masa kolonial. Namun kini, menyantap telok pindang sudah menjadi tradisi unik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

3. Telok Abang
Makanan khas kemerdekaan lainnya yaitu telok abang atau telur merah. Telur ini direbus dengan campuran pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi. Kudapan asal Palembang ini juga sering dijadikan hiasan mainan yang dijual khusus saat 17 Agustus tiba. Biasanya, telok abang ini akan ditancapkan di atas mainan miniatur sehingga dapat menarik perhatian pembeli.

 

Baca : Daftar Menu Hari Raya Idul Adha yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

4. Bubur Merah Putih
Bubur merah putih juga termasuk salah satu makanan yang kerap disajikan saat hari kemerdekaan. Warna merah pada bubur sendiri berasal dari gula merah, sedangkan warna putih berasal dari campuran santan kelapa. Bubur merah putih ini diketahui melambangkan rasa syukur, sehingga itulah sebabnya makanan ini sering ditemukan pada acara syukuran. Selain itu, mengonsumsi bubur merah putih saat HUT RI juga tentunya menandakan wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia.

5. Klepon Merah Putih
Selain bubur merah putih, klepon merah putih juga bisa disantap untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia. Pada umumnya, klepon berwarna hijau, namun khusus 17 Agustus, klepon dapat disajikan dalam warna merah dan putih. Kue asal Jawa Tengah ini terbuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah. Sensasi gula merah yang manis tentunya akan lumer di mulut begitu klepon dimakan.

6. Nasi Tiwul
Nasi tiwul sendiri terbuat dari singkong yang diracik dengan bumbu sederhana sebagai pelengkap rasa. Makanan khas 17 Agustus ini menjadi pengingat betapa sulitnya keadaan ekonomi masyarakat Indonesia di masa penjajahan. Dikarenakan pada masa itu, rakyat pribumi dipaksa untuk menyerahkan seluruh hasil pangan kepada penjajah, termasuk beras. Kini, nasi tiwul sendiri bisa disantap dengan tambahan kelapa parut, gula merah, atau beragam lauk pauk lainnya.

7. Nasi Jagung
Sama haknya seperti nasi tiwul, nasi jagung juga turut disantap masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan, sebagai pengganti nasi. Nasi jagung sendiri terbuat dari jagung yang telah dipipil, dikeringkan, lalu dihancurkan. Makanan yang sering ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, turut disantap bersama dengan tempe goreng, ikan asin, urap sayur, dan sambal. Meski sederhana, nasi jagung ternyata merupakan makanan kesukaan Presiden Soekarno.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait