The Daughter Of War Kembali Jadi Perbincangan Publik

Jum'at, 23 Juli 2021 10:03 Rizky Intermezo

The Daughter Of War Kembali Jadi Perbincangan Publik

 

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, sosok Ayla pada film Ayla: The Daughter of War tengah jadi sorotan dan perbincangan kembali publik. Hal itu berawal dari viralnya cuplikan terkait Film Ayla: The Daughter of War yang viral di TikTok. Diketahui, film itu sendiri diangkat dari kisah nyata seorang tentara Turki dengan anak perempuannya yang ditayangkan pada tahun 2017 lalu.

Kisah tersebut berlatar pada Perang Dunia Kedua yang pecah antara Korea Selatan dan Korea Utara pada tahun 1950 lalu. Turki pun menjadi pasukan perdamaian di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat itu, tentara Turki bernama Suleyman menemukan satu anak kecil yang duduk sendiri di samping jenazah orang tuanya yang telah mati dibantai. Anak kecil itu pun diberi nama Turki olehnya yakni Ayla.

Namun tahukah kamu siapa Ayla sebenarnya? Ayla bernama asli Kim Eunja. Pada tahun 2017, Kim Eunja turut hadir pada pemutaran perdana film tersebut di Turki. Kim Eunja mengatakan bahwa semua orang Turki telah menjadi keluarganya setelah Sersan Süleyman Dilbirli?i membesarkannya selama Perang Korea pada tahun 1950-an.

 

Baca : Bagi-Bagi Uang di Jalan, Doni Salmanan Kembali Jadi Sorotan

Kim juga turut memuji film tersebut karena menceritakan kisah cinta, kedamaian, dan masa perang berdasarkan kehidupannya sendiri. Dia juga menyatakan bahwa sebelumnya dirinya tidak mengetahui banyak tentang budaya Turki dan dia belajar banyak saat menonton film itu,"Tentara Turki yang berpartisipasi dalam Perang Korea semuanya memperhatikan anak yatim dan sangat baik," kata Kim sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (21/7/2021).

Ia menambahkan bahwa dirinya tidak bisa mengungkapkan perasaannya setelah bertemu dengan "ayahnya" atau Suleyman yang telah lama menghilang 60 tahun setelah dirinya diselamatkan,"Setelah reuni, kami tetap berhubungan dan bertukar surat. Bahkan saya mengunjunginya beberapa kali," ucapnya.

Pada tahun 2017, Suleyman harus ditempatkan dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Haydarpa?a Numune Istanbul setelah menderita insufisiensi pernapasan. Selama kunjungan rumah sakit itu, Suleyman Dilbirli?i hanya mampu memberikan isyarat dengan tangannya karena kondisi kesehatannya yang lemah. Sementara wanita Korea Selatan itu hanya bisa menangis saat melihat kondisi ayahnya.

Sementara itu, Film Ayla The Daughter Of War pun berhasil dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Oscar. Di tahun 2017 tidak lama setelah perilisan film tersebut yang mengisahkan tentang dirinya, Suleyman pun meninggal di usia 91 tahun.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait