Tips Menyimpan Daging Kurban di Dalam Kulkas

Kamis, 22 Juli 2021 06:54 Rizky Kuliner

Tips Menyimpan Daging Kurban di Dalam Kulkas

 

 

Koropak.co.id - Seluruh umat muslim di dunia saat ini sedang merayakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan hewan kurban. Saat Idul Adha, tentunya masyarakat akan mendapatkan beberapa kilogram daging untuk dikonsumsi. Sebagian orang yang menerima daging kurban itu biasanya langsung dihabiskan, namun ada juga yang menyimpannya dan mengolahnya beberapa hari kemudian.

Jika kamu memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas, kamu pun perlu mengetahui cara yang benar untuk menyimpan daging agar awet dan tidak bau. Diketahui berdasarkan channel YouTube Nikken Derek TV, berikut beberapa tips untuk menyimpan daging di kulkas sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (22/7/2021).

1. Jangan dicuci

Sebelum disimpan di kulkas, sebaiknya jangan mencuci daging terlebih dahulu karena proses pencucian tersebut akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging akan semakin kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat-serat daging juga tentunya akan membuat daging menjadi rusak dan kualitasnya menurun.

 

Baca : Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Terjaga Kualitasnya

2. Potong-potong daging sesuai ukuran konsumsi

Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas, kamu juga perlu memotong-motong daging terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, memotong daging juga bisa menghemat tempat penyimpanan.

3. Memasukkan daging ke dalam wadah kedap udara

Kamu juga bisa memasukkan daging ke dalam wadah yang kedap udara sebelum disimpan di kulkas. Pastikan juga wadah yang kamu gunakan itu sudah berbahan food grade, sehingga daging yang kamu konsumsi akan tetap aman.

4. Membekukan daging

Kamu juga bisa membekukan daging dengan suhu minus 18 derajat celsius agar lebih tahan lama. Tujuan utama dari membekukan daging olahan tersebut adalah untuk menidurkan bakteri dalam daging. Jadi, dengan demikian daging pun akan bisa awet secara alami.

5. Memindahkan daging sebelum diolah

Sebelum dikonsumsi, daging yang sudah dibekukan itu jangan dicairkan di suhu ruangan. Karena hal tersebut dapat membuat daging bereaksi dengan bakteri di sekitarnya. Jadi, kamu bisa memindahkan daging dari freezer ke rak kulkas khusus penyimpanan daging dan biarkan mencair dengan sendirinya tanpa kehilangan suhu dingin.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait