Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

Rabu, 21 Juli 2021 09:33 Rizky Healthy

Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

 

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa vitamin D bisa membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan melalui makanan dan paparan sinar matahari. Sementara itu, jika kita kekurangan vitamin D, maka hal itu dapat menyebabkan beberapa masalah mulai dari tulang rapuh hingga kelainan bentuk tulang.

Oleh karena itu, agar tidak terlambat, kamu harus mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin D tersebut. Agar kamu tidak kebingungan, berikut beberapa tanda kekurangan vitamin D sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (21/7/2021).

1. Lelah secara terus-menerus

Jika kamu mengalami kekurangan vitamin D, kamu mungkin akan terus merasa kelelahan, meskipun sudah cukup tidur. Menurut hasil penelitian, diketahui ternyata orang yang merasa lelah secara terus-menerus memiliki kadar vitamin D yang rendah.

 

Baca : Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

2. Depresi

Kekurangan vitamin D juga ternyata dapat menyebabkan depresi. Bahkan menurut ahli, reseptor vitamin D juga telah ditemukan di banyak bagian otak, termasuk di area yang terkait dengan depresi. Hasil penelitian itu juga menemukan peningkatan yang signifikan dalam suasana hati setelah melengkapi vitamin D, sementara yang lain tidak. Namun hal itu juga bisa bergantung pada tingkat keparahan depresi serta kekurangan vitamin D.

3. Tulang terasa sakit

Diketahui bahwa orang dewasa yang tidak mendapatkan vitamin D yang cukup seringkali mengalami rasa sakit dan nyeri pada otot dan tulang, terutama saat udara dingin. Akibatnya sendinya juga akan terasa kaku di pagi hari.

4. Disfungsi ereksi

Jika kamu atau pasanganmu menderita fungsi ereksi, mungkin kekurangan vitamin D yang bisa menjadi penyebabnya. Bahkan diketahui berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Atherosclororis menemukan, pria dengan kekurangan vitamin D akan lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi. Karena, semakin rendah kadarnya, maka semakin tinggi risikonya.

5. Tidur menjadi tidak nyenyak

Kekurangan vitamin D juga ternyata bisa menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Bahkan para peneliti juga sudah menemukan pada orang dengan gangguan tidur yang mengonsumsi suplemen vitamin D, kualitas tidur mereka itu menjadi lebih baik.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait