Daftar Menu Hari Raya Idul Adha yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

Selasa, 20 Juli 2021 13:59 Rizky Kuliner

Daftar Menu Hari Raya Idul Adha yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

 

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa Hari Raya Idul Adha sudah didepan mata, jadi kita pun sudah mulai bisa dengan segera mempersiapkan menu Hari Raya Idul Adha untuk keluarga. Selain itu, menu Hari Raya Idul Adha sederhana juga ternyata bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menyajikan masakan praktis.

Sementara itu, makanan khas Hari Raya Idul Adha juga dapat diolah dari daging sapi atau kambing hingga menjadi hidangan yang menyemarakkan Lebaran Haji. Oleh karena itu, berikut daftar menu lebaran Idul Adha berupa makanan khas yang cocok disajikan untuk keluarga besar sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (20/7/2021).

1. Semur

Diketahui bahwa kata "semur" diserap dari bahasa Belanda yakni "smoor" yang artinya masakan yang direbus dengan tomat dan bawang. Kini, semur pun menjadi makanan yang sering disajikan di berbagai acara, termasuk Hari Raya Idul Adha. Menu lebaran Idul Adha ini juga diketahui menggunakan bumbu kaya rempah yang ditambah kecap pada kuahnya sampai kecokelatan.

 

Baca : Perkuat Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Makanan Jepang

2. Sup daging

Menu Idul Adha sederhana lainnya yang mudah dimasak apalagi kalau bukan sup daging. Sup daging ini juga tentunya aman dikonsumsi dikarenakan kuahnya tidak menggunakan santan. Agar lebih nikmat, biasanya dalam sup daging ini juga turut dimasukkan tulang sumsum, urat, dan lemak. Kemudian juga ditambahkan sayur wortel, kentang, buncis, tomat, daun bawang, dan seledri agar cita rasa kuahnya menjadi lebih segar.

3. Rendang

Sajian Hari Raya Idul Adha juga selalu identik dengan rendang, baik itu dengan daging sapi maupun daging kambing. Diketahui bahwa proses pembuatan masakan asli Minangkabau ini membutuhkan waktu yang lama, yakni minimal 8 jam. Dikarenakan durasi memasaknya yang lama, membuat rendang pun bisa tahan lama disimpan setidaknya sampai dengan dua bulan.

4. Tongseng

Tongseng juga termasuk salah satu makanan khas Hari Raya Idul Adha favorit banyak orang. Biasanya tongseng ini menggunakan daging kambing yang dicampur dengan kuah gulai, kecap, dan kubis. Sementara penambahan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai menjadikan tongseng lebih nikmat. Agar lebih menggugah selera, sajikan tongseng daging dengan taburan bawang goreng.

5. Gulai

Menu Hari Raya Idul Adha yang tidak kalah lezat yaitu gulai kambing dengan kuah yang kuning dan kental. Selain gulai kambing, ada juga gulai sapi dan gulai jeroan yang menggoyang lidah. Gulai ini menggunakan bumbu rempah seperti cabai merah, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, kayu manis, ketumbar, dan bawang. Bumbu tersebut dimasak dalam kuah santan bersama dengan daging.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait