Ketahui Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Mata

Senin, 19 Juli 2021 05:58 Rizky Healthy

Ketahui Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Mata

 

 

Koropak.co.id - Diketahui dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa kebiasaan yang merusak mata tanpa disadari dan justru sering kita lakukan. Namun jika kebiasaan buruk yang merusak mata tersebut dilakukan secara terus-menerus bisa mengganggu penglihatan bahkan berujung pada kebutaan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja kebiasaan yang dapat merusak mata tersebut agar kesehatan matamu tetap terjaga. Berikut sejumlah kebiasaan yang dapat merusak mata dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (19/7/2021).

1. Mengucek mata

Meskipun terkesan sepele, ternyata mengucek mata merupakan kebiasaan yang merusak mata. Pasalnya, pada saat mengucek mata yang terlalu keras, itu dapat berpotensi menimbulkan goresan dan distorsi pada kornea. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga dapat memecahkan pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata. Belum lagi kuman yang menempel pada tangan nantinya bisa berpindah ke mata sehingga menyebabkan iritasi.

 

Baca : Pepaya Miliki Segudang Manfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

2. Sering menatap layar

Menatap layar ponsel, komputer, dan televisi yang terlalu sering berisiko dapat merusak mata. Hal itu dikarenakan, radiasi dan cahaya biru (blue light) dari perangkat elektronik tersebut dapat mengurangi produksi air mata sehingga mata menjadi kering. Diketahui, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan otot mata tegang dan menimbulkan sakit kepala. Bahkan, jika dilakukan secara terus-menerus, penglihatan pun akan menjadi kabur dan retina mengalami kerusakan yang berujung pada kebutaan.

3. Lalai dalam menggunakan lensa kontak

Hal-hal yang dapat merusak mata juga bisa bersumber dari penggunaan lensa kontak. Seperti, menggunakan lensa kontak pada saat tidur atau berenang, membersihkan lensa kontak bukan dengan cairan khusus, dan tidak menyimpan lensa kontak pada tempatnya. Kebiasaan itu bisa mengakibatkan iritasi, infeksi, bahkan kebutaan karena jamur dan bakteri. Selain itu, hindari pula dalam menggunakan lensa kontak dan cairan pembersih yang sudah kedaluwarsa untuk mencegah kerusakan kornea.

4. Tidak membersihkan riasan mata

Sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan riasan terutama pada bagian mata. Karena, partikel-partikel pada maskara, eyeliner, dan eye shadow itu bisa masuk ke dalam mata jika dibawa tidur. Bahkan kondisi tersebut bisa membuat mata menjadi iritasi hingga infeksi akibat kandungan bahan kimia pada make up. Terlebih lagi jika make up yang dipakai sudah melewati tanggal expired.

5. Tidak mau memakai kacamata pelindung

Tidak melindungi mata dengan kacamata juga termasuk kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak mata. Ketika berada di bawah cahaya matahari terik, sebaiknya gunakanlah kacamata hitam untuk mencegah paparan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan katarak. Begitu juga apabila menggunakan lensa kontak, pilihlah yang memiliki perlindungan UV. Selain di luar ruangan, gunakan juga kacamata pelindung ketika berenang untuk menghindari bakteri acanthamoeba yang bisa merusak mata.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait

Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

Inilah Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin D

21 Juli 2021

Oleh karena itu, agar tidak terlambat, kamu harus mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin D tersebut. Agar kamu tidak kebingungan, berikut beberapa tanda…