Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Sabtu, 17 Juli 2021 07:09 Rizky Kuliner

Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

 

 

Koropak.co.id - Berbeda dengan vitamin lainnya, diketahui bahwa vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh ketika terkena sinar matahari. Namun selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari berbagai makanan yang mengandung vitamin D. Tercatat, sumber vitamin D yang paling tinggi dari makanan itu terdapat pada beberapa jenis ikan dan protein hewani. Oleh karena itu, berikut deretan makanan yang mengandung vitamin D tinggi untuk meningkatkan imun tubuh sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (17/7/2021).

1. Salmon

Makanan sumber vitamin D, kaya asam lemak omega-3 dan tinggi protein terdapat pada ikan salmon. Sehingga hal inilah yang membuat salmon mempunyai banyak manfaat, seperti menurunkan kolesterol, mengurangi hipertensi, dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, meskipun harga salmon relatif mahal, namun kandungan vitamin D pada salmon cukup tinggi. Diketahui dalam 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak, terdapat sekitar 447 IU vitamin D.

2. Jamur

Jamur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D dan dalam 100 gram jamur itu mengandung 446 IU vitamin D yang bersumber dari cahaya matahari. Sementara itu, untuk beberapa jamur yang direkomendasikan untuk dikonsumsi yaitu jamur putih, jamur shitake, jamur maitake, dan jamur kancing atau portobello. Selain itu, jamur juga sangat mudah untuk diolah dan bisa menjadi menu masakan seperti capcay atau dijadikan camilan seperti jamur crispy atau topping pizza.

 

Baca : Perkuat Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Makanan Jepang

3. Tuna

Ikan tuna juga termasuk makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah yang banyak. Karena dalam 100 gram ikan tuna kemasan kaleng, ternyata mengandung vitamin D sebanyak 236 IU. Namun perlu diingat juga yang namanya produk kemasan, membuatnya tetap tidak baik dikonsumsi terlalu sering. Oleh karena itu, batasi konsumsi tuna kaleng hanya 200 gram dalam seminggu untuk menghindari kandungan merkuri yang berlebihan.

4. Sarden

Selain salmon dan tuna, makanan lainnya yang mengandung vitamin D yaitu sarden. Ikan sarden ini mudah sekali ditemukan di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, hanya dengan mengonsumsi 100 gram ikan sarden, maka vitamin D sebanyak 215 IU sudah terpenuhi. Tidak hanya sebagai makanan kaya vitamin D, ikan sarden juga turut mengandung vitamin B12, vitamin A, dan asam lemak omega-3.

5. Kuning telur

Makanan vitamin D juga terdapat pada telur ayam, terutama pada bagian kuningnya. Diketahui dalam sebutir kuning telur, terdapat 40 IU vitamin D yang mencukupi kebutuhan harian. Meskipun begitu, kuning telur itu juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu dianjurkan untuk jangan terlalu banyak mengonsumsi telur dalam sehari agar kesehatan jantung tetap terjaga.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 



Berita Terkait

All You Can Eat ?    Siapa Takut !

All You Can Eat ? Siapa Takut !

30 Maret 2019

Banyak restoran kini sering mengadakan menu All You Can Eat atau sering disebut sebagai AYCE, yang memungkinkan kamu dapat menikmati semua…