Ini Deretan Vitamin yang Dibutuhkan Bagi Pasien Covid-19

Selasa, 13 Juli 2021 07:58 Rizky Healthy

Ini Deretan Vitamin yang Dibutuhkan Bagi Pasien Covid-19

 

 

Koropak.co.id - Selain mengonsumsi obat dan makanan bergizi, penderita Covid-19 sebaiknya juga untuk meningkatkan asupan vitamin dan suplemen. Diketahui, vitamin untuk penderita Covid-19 tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu melawan infeksi virus corona.

Tidak hanya itu saja, vitamin untuk pasien Covid-19 juga berperan dalam melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat paparan virus corona. Berikut deretan vitamin untuk Covid-19 baik bagi penderita dengan gejala berat, ringan, maupun pasien tanpa gejala (OTG) sebagaimana dihimpun Koropak.

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang paling bisa diandalkan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan, vitamin C berperan dalam meningkatkan pembentukan sitokin oleh sel darah putih, sehingga respons imun bisa bertambah. Selain itu, vitamin C juga dipercaya mampu meregenerasi sel-sel yang rusak, sehingga penyakit pun segera pulih. Sementara itu, beberapa sumber vitamin C dalam buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi yaitu jambu biji, jeruk, kiwi, bayam, dan brokoli.

 

Baca : Sawo Mentega Kaya Akan Karbohidrat Hingga Vitamin C

2. Vitamin B Kompleks (B6 dan B12)

Vitamin B Kompleks seperti B6 dan B12 juga sangat disarankan untuk penderita Covid-19.
Diketahui, vitamin B6 bermanfaat untuk melawan infeksi dan melindungi saraf otak serta bisa diperoleh dari sayuran, telur, pisang, dan ikan. Sementara itu, vitamin B12 berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Untuk makanan sumber vitamin B kompleks (B6 dan B12) itu juga dapat ditemukan pada daging, hati, kerang, sayur, telur, salmon dan susu.

3. Vitamin E

Selanjutnya vitamin untuk penderita Covid-19 yang membantu proses penyembuhan salah satunya adalah vitamin E. Vitamin yang identik untuk kesehatan kulit ini, ternyata mampu memelihara sistem imun tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin E itu berfungsi untuk menjaga pembuluh darah agar tidak rusak oleh serangan virus corona penyebab Covid-19. Sementara itu, untuk makanan dengan kandungan vitamin E tinggi yang dapat dikonsumsi yaitu bayam, brokoli, kacang almond, biji bunga matahari, jagung, alpukat, kiwi dan mangga.

4. Vitamin D

Agar cepat sembuh, penderita Covid-19 juga perlu meningkatkan asupan vitamin D yang dapat bekerja dengan cara memproduksi sel darah putih. Dengan begitu, peradangan pada tubuh pun akan berkurang dan sistem kekebalan tubuh meningkat. Untuk sumber vitamin D sendiri terdapat pada sinar matahari, dan makanan seperti kuning telur, jamur, susu, salmon, tuna, dan sarden.

5. Zinc (Seng)

Zinc atau seng merupakan mineral yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme. Tidak hanya itu saja, zinc juga turut berkontribusi dalam memelihara fungsi indra penciuman dan pengecap yang rentan hilang ketika terinfeksi Covid-19. Selain itu, mengonsumsi zinc juga dapat membantu meredakan gejala Covid-19 seperti demam, sakit tenggorokan, dan batuk. Untuk makanan yang mengandung zinc itu yakni cokelat hitam, kacang tanah, daging sapi, keju, kepiting, tiram dan udang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini