Ternyata Makanan Ini Bisa Turunkan Imun Tubuh

Sabtu, 10 Juli 2021 09:20 Rizky Healthy

Ternyata Makanan Ini Bisa Turunkan Imun Tubuh

 

 

Koropak.co.id - Perlu diketahui bahwa makanan yang menurunkan imun tubuh sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal itu dikarenakan makanan yang melemahkan imun tersebut bisa menyebabkan peradangan dan menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan penyebab daya tahan tubuh menurun itu juga bisa meningkatkan risiko terpapar virus dan terinfeksi penyakit. Oleh karena itu, berikut berbagai jenis makanan yang dapat menurunkan imun tubuh dan melemahkan daya tahan atau kekebalan tubuh sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (9/7/2021).

1. Makanan berminyak

Makanan yang dimasak dengan menggunakan banyak minyak seperti gorengan dan fast food diketahui merupakan makanan yang melemahkan imun. Selain itu, minyak yang berlebih di dalam tubuh juga tentunya dapat menyebabkan peradangan dan menurunkan kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi. Makanan berminyak itu juga mengandung lemak jenuh yang memicu penyakit jantung, kanker, stroke, dan obesitas.

2. Makanan tinggi garam

Makanan yang mengandung banyak garam atau sodium atau natrium dapat meningkatkan jumlah interleukin penyebab peradangan. Jika peradangan itu terjadi secara terus-menerus, maka akan membuat sistem kekebalan menurun. Sehingga tidak mampu melindungi tubuh dari penyakit. Oleh karena itulah mengapa makanan tinggi garam disebut juga sebagai makanan yang bisa menurunkan imunitas tubuh.

 

Baca : Wow, Ternyata Kopi Bisa Turunkan Berat Badan

3. Makanan tinggi gula

Selain garam, makanan yang menurunkan imun tubuh juga bisa berasal dari makanan tinggi gula. Diketahui bahwa makanan yang manis-manis tersebut ternyata mampu menurunkan fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi. Sehingga akibatnya, tubuh pun menjadi lebih mudah mengalami peradangan dan mudah terpapar virus.

4. Daging merah

Salah satu makanan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh yaitu daging merah. Diketahui, daging merah ini memiliki kadar asam tinggi, sehingga pH tubuh juga akan cenderung asam setelah mengonsumsi daging merah tersebut. Bahkan kondisi tersebut juga bisa membuat nutrisi penting lainnya menjadi rendah, sehingga memicu peradangan ganda.

5. Alkohol

Diketahui bahwa imunitas tubuh menurun juga bisa disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol. Alkohol tersebut mampu membasmi bakteri baik dalam tubuh, sehingga bakteri jahat bisa lebih mudah menginfeksi. Akibatnya, terjadi peradangan pada organ hati dikarenakan kesulitan dalam membuang racun. Kemudian racun tersebut pun menumpuk dan dapat menurunkan kekebalan tubuh.

6. Kafein

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda secara berlebihan juga ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh. Pasalnya, kafein tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Tidak hanya itu saja, kafein juga dapat menyebabkan gangguan tidur, sehingga sistem imun tubuh menjadi melemah.

7. Makanan rendah serat

Makanan rendah serat juga termasuk sebagai makanan penyebab daya tahan tubuh menurun. Karena, pada saat tubuh kekurangan serat, maka bakteri baik di dalam saluran pencernaan menjadi tidak seimbang. Akibatnya fungsi dan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus pun bisa menurun.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait