Ternyata Warna Baju Pengantin Miliki Makna dan Arti Tersendiri

Jum'at, 11 Juni 2021 10:17 Rizky Fashion

Ternyata Warna Baju Pengantin Miliki Makna dan Arti Tersendiri

 

 

Koropak.co.id - Bagi setiap pasangan yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih serius tentunya mereka harus melakukan berbagai persiapan. Salah satu adalah dengan menyiapkan busana pengantin. Diketahui dari dulu hingga sekarang, pilihan baju pengantin itu didominasi oleh warna putih.

Namun, tidak menutup kemungkinan pilihan warna lainnya juga bisa dipilih dikarenakan
setiap warna memiliki makna dan filosofi yang berbeda. Bahkan, beberapa calon pengantin beranggapan bahwa warna mewakili kepribadian atau karakter diri. Berikut beberapa warna baju pengantin yang dipercaya memiliki arti tersendiri sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (11/6/2021).

1. Warna putih sebagai lambang kesucian

Tak hanya sebagai simbol kesucian, busana pengantin berwarna putih juga dipercaya melambangkan kemurnian, kesempurnaan, kebaikan, kepolosan dan bercahaya. Meskipun terlihat sederhana, namun calon pengantin yang menggunakan busana berwarna putih akan terlihat lebih elegan dan klasik.

2. Warna merah memberikan kesan tangguh menjalani rumah tangga

Tidak sedikit pengantin memilih warna merah sebagai busana di acara paling istimewa dalam hidupnya. Diketahui, Tionghoa dan Sumatera Barat menjadi wilayah yang identik dengan busana pengantin berwarna merah. Karena ada kepercayaan bahwa busana pengantin berwarna merah memiliki kepribadian yang berani serta mampu melewati segala macam rintangan dalam berumah tangga.

 

Baca : Berbagai Fakta Unik Orang yang Lahir di Bulan Juni

3. Warna silver melambangkan keharmonisan dalam jiwa

Busana pengantin berwarna silver itu dipercaya bisa memberikan makna keharmonisan pada mental, fisik dan emosional. Selain itu juga warna tersebut melambangkan harta dan kekayaan yang diharapkan menjadi kenyataan saat membangun rumah tangga bersama pasangan.

4. Warna Gold melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan

Hampir sama dengan warna silver, busana pengantin berwarna gold juga dipercaya dapat menciptakan kesan mewah saat digunakan. Sehingga, tidak sedikit pasangan yang memilih warna ini untuk digunakan pada hari istimewa dalam hidupnya. Gold juga mengandung makna perhiasan yang berharga, sehingga saat menggunakan busana berwarna gold, pengantin diharapkan akan kelimpahan dan kekayaan yang datang setelah menikah.

5. Warna hijau melambangkan ketenangan dan kedamaian

Hijau menjadi lambang dari keindahan alam di sekitar. Bagi pasangan pecinta alam bebas, busana pengantin warna hijau bisa menjadi pilihan. Selain melambangkan keasrian, warna hijau juga memiliki makna perdamaian, pembaruan, daya tahan dan pertumbuhan jadi lebih baik saat membangun rumah tangga.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 



Berita Terkait

Rekomendasi Mukena untuk Sambut Hari Raya

Rekomendasi Mukena untuk Sambut Hari Raya

30 April 2021

Diketahui bahwa mukena merupakan salah satu perlengkapan alat salat untuk wanita muslim. Zaman dahulu mukena sendiri identik dengan warna putih polos.