Tak Banyak Orang Tahu, Ini Asal Usul Kata Lebaran

Jum'at, 14 Mei 2021 18:47 Eris Kuswara Intermezo

Tak Banyak Orang Tahu, Ini Asal Usul Kata Lebaran

 

Koropak.co.id - Hari Raya Idul Fitri atau disebut juga Lebaran, tentunya menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Pada hari itu, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Hal itu dikarenakan,  Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah menjalankan kewajiban ibadah puasa selama sebulan penuh pada bulan suci Ramadan.

Meskipun kerap disebut sebagai hari Lebaran, namun pada kenyataannya masih banyak sekali yang belum mengetahui asal usul kata Lebaran sebenarnya yang memang sudah melekat dengan perayaan Idul Fitri. Faktanya, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa kata Lebaran berasal dari bahasa Arab. Namun pada kenyataannya, istilah Lebaran iyu tidak ada dalam bahasa Arab.

Sedangkan untuk kata Idul Fitri sendiri memang berasal dari bahasa Arab yakni id al-fitr yang berarti kembali kepada fitrah. Kembali kepada fitrah ini juga berarti kesucian sebagaimana kondisi suci bersih seperti bayi yang baru lahir. Artinya saat Hari Raya Idul Fitri, maka kita akan kembali bersih dikarenakan dosa-dosa akan dihapuskan dan semua amalan atau ibadah puasa selama satu bulan penuh akan diperhitungkan oleh Allah SWT.

 

Baca : Berhati-hati dalam Memilih Makanan Pada Saat Lebaran

 

Namun ada juga yang memaknai Idul Fitri ini  sebagai merayakan berbuka. Pasalnya, kata id dalam bahasa Arab memiliki arti merayakan. Sedangkan kata fitri yang berasal dari bahasa Arab yaitu al-fithr artinya berbuka. Sehingga hal itu seperti kebiasaan umat Islam yang berbuka setelah berpuasa selama seharian penuh.

Terkait asal usul kata lebaran, diketahui dalam majalah Sunda yang terbit pada tahun 1954, istilah lebaran itu rupanya berasal dari tradisi Hindu. Adapun untuk makna Lebaran adalah “selesai”, “habis”, atau “usai”. Sementara itu, diketahui istilah ini pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang Wali agar umat Hindu yang berada di Indonesia dan baru masuk Islam, sehingga tidak merasa asing dan mengenal apa itu Idul Fitri.

Sehingga, kata Lebaran sendiri mengandung makna tuntas atau usai. Dengan artian, umat Islam telah tuntas dalam menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Dengan demikian diharapkan hati dan pikiran umat Islam akan semakin luas dan pintu maaf juga akan terbuka selebar-lebarnya pada saat Hari Raya Idul Fitri.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini