Rekomendasi Minuman Nusantara yang Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Rabu, 28 April 2021 13:31 Rizky Kuliner

Rekomendasi Minuman Nusantara yang Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

 

Koropak.co.id - Cuaca panas yang melanda saat sedang berpuasa, membuat tenggorokan kering semakin terasa. Sehingga, untuk melegakan tenggorokan, tentunya meminum segelas es dingin segar dengan rasa manis itu menjadi pilihan menu berbuka yang tidak pernah salah.

Jadi, minuman apa yang menjadi favoritmu saat berbuka puasa? Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun Instagram @kemenparekraf, setidaknya ada lima minuman nusantara yang menjadi referensinya. Berikut lima rekomendasi minuman nusantara yang cocok untuk berbuka sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (28/4/2021).

 

1. Es timun serut

Es timun serut merupakan minuman khas Indonesia yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Biasanya, minuman ini sendiri sering dijumpai di rumah-rumah makan Aceh. Berbahan dasar buah mentimun, masyarakat Aceh biasanya menyebut minuman ini dengan nama Le Boh Timon.

Selain mentimun, minuman ini juga terbuat dari perasan jeruk nipis dan selasih. Oleh karena itu, ada banyak manfaat kesehatan dari es timun serut ini. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar kolesterol jahat, membantu diet sehat, mengurangi stres, hingga baik untuk kesehatan kulit.

 

2. Es pisang ijo

Tidak hanya kolak dan es campur, takajil yang ramai dicari orang saat berbuka lainnya adalah es pisang ijo. Diketahui es pisang ijo ini juga berhasil menjadi es favorit bagi banyak orang. Es segar ini merupakan sejenis makanan khas dari Sulawesi Selatan, terutama di Kota Makassar.

 

Baca : Tips Hindari Konsumsi Makanan Berlebih Saat Berbuka Puasa

 

Sesuai dengan namanya, es segar ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Sementara itu, diketahui bagi masyarakat Bugis, Makassar, warna hijau pada minuman ini melambangkan kesakralan, suci, dan tentram.

 

3. Es selendang mayang

Es selendang mayang ini merupakan  minuman tradisional Betawi yang menyegarkan. Es selendang mayang juga  memadukan antara kue kenyal dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah santan dan gula. Menilik dari namanya, kata ‘selendang’ berasal dari warna-warni kue yang menjadi isian es selendang mayang. Selain itu, meriahnya warna kue itu juga diibaratkan sebagai warna selendang. Sementara kata ‘mayang’ merujuk pada arti manis dan kenyal.

 

4. Es oyen

Es oyen ini ternyata seringkali dimiripkan dengan es teler. Namun pada kenyataannya, kedua minuman ini terbuat dari bahan yang berbeda. Es oyen sendiri merupakan minuman segar asal kota kembang, Bandung yang berisi alpukat dan kelapa muda dalam kuah putih dari susu kental manis.

 

5. Es laksamana mengamuk

Es yang satu ini mungkin tampak asing di telinga. Selain itu, minuman segar ini merupakan minuman tradisional khas daerah Riau. Es laksamana mengamuk sendiri terbuat dari buah mangga kuweni yang dicampur dengan santan dan gula.

Tidak hanya dapat menyegarkan tenggorokan, minuman ini juga ternyata baik sekali untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari buah kuweni dalam es laksamana mengamuk ini mampu mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 



Berita Terkait