Berpuasa Ternyata Miliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 15 April 2021 09:07 Rizky Healthy

Berpuasa Ternyata Miliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

 

Koropak.co.id - Bulan suci Ramadan seluruh umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Selain itu, diketahui ternyata berpuasa di bulan Ramadan itu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, hikmah berpuasa di bulan suci Ramadan sendiri adalah agar tubuh tetap sehat.

Saat berpuasa, tubuh akan mendapatkan asupan makanan yang terbatas dan lebih teratur. Bahkan menurut sejumlah penelitian, seseorang yang berpuasa di bulan Ramadan selama 1 bulan penuh dilaporkan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik apabila dibandingkan dengan yang tidak berpuasa.

Berikut beberapa manfaat puasa Ramadan sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (15/4/2021).

 

1. Menurunkan berat badan

Saat berpuasa, tentunya seseorang akan mengurangi frekuensi makannya. Selain itu, pembatasan asupan makanan dan kalori ini juga tentunya akan memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah tubuh menjadi lebih mudah dalam menghancurkan lemak.

 

Baca : Ramadan Tiba, Kemasan Indomie dengan Piring Kosong Mulai Bertebaran

 

2. Tubuh menjadi lebih sehat

Saat berpuasa tubuh pun menjadi lebih sehat, terlebih lagi bagi para pengidap penyakit kronis seperti hipertensi, kencing manis, obesitas, dan kolesterol tinggi. Mereka akan menjadi lebih mudah untuk mengontrol penyakitnya. Hanya saja, hal ini hanya bisa dicapai apabila saat berbuka puasa tetap mengontrol asupan makan yang masuk ke dalam tubuh.

 

3. Makan menjadi lebih teratur

Adanya keteraturan makan selama berpuasa, dapat mencegah penyakit seperti maag menjadi berkurang. Pasalnya, maag biasanya disebabkan oleh adanya ketidakteraturan saat makan seperti mengonsumsi camilan, makanan berlemak, asam, pedas, konsumsi minuman bersoda, kopi, merokok, serta faktor stres. Saat berpuasa, pasien pengidap maag akan memiliki waktu makan yang lebih teratur.

 

4. Lebih mudah mengendalikan diri

Mengendalikan diri merupakan salah satu faktor penting agar tubuh tetap sehat. Seperti diketahui, berbagai macam penyakit memang terjadi dikarenakan jiwa yang terganggu. Namun, dengan adanya pengendalian diri saat berpuasa, maka faktor psikis yang bisa menyebabkan munculnya gangguan fisik diharapkan tidak akan muncul dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta produktivitas diri.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 



Berita Terkait