Sejarah Panjang Maybelline New York Jadi Produk Kosmetik Mendunia

Senin, 05 April 2021 08:55 Rizky Syantik

Sejarah Panjang Maybelline New York Jadi Produk Kosmetik Mendunia

 

 

Koropak.co.id - Maybelline New York atau lebih dikenal dengan nama Maybelline merupakan merek produk kosmetik internasional yang berhasil mendunia. Di Indonesia sendiri, Maybelline termasuk yang difavoritkan dan perusahaan kosmetik ini juga diketahui sudah berdiri selama ratusan tahun. Berbicara sejarah, Maybelline diciptakan oleh pria asal Chicago Amerika Serikat bernama Thomas Lyle Williams yang pada awalnya di tahun 1915 diberi nama Maybell Laboratories.

Penamaan Maybell Laboratories sendiri diambil dari nama sang adik yakni, Maybel. Hal itu dikarenakan Thomas Lyle Williams juga memang mendapatkan inspirasi dari sang adik. Barulah pada tahun 1923, Maybell Laboratories berubah nama menjadi Maybelline dan produk pertama yang dijual Maybell Laboratories adalah mascara di tahun 1917. Thomas Lyle Williams mengaku terinspirasi melihat adiknya, Maybel yang mencampurkan vaselline, abu, dan debu batu bara. Sehingga campuran ini membuat alis Maybel terlihat hitam dan tebal.

Oleh karena itu, Thomas Lyle Williams pun kemudian membuat ramuan alis menggunakan bahan kimia untuk membuatnya terlihat lebih baik. Namun, produknya ini tidak langsung sukses. Sementara itu, Thomas Lyle Williams mendirikan perusahaan Maybell Laboratories pada tahun 1915. Kemudian setelah itu dia pun meminta saran kepada temannya Parke-Davis agar produknya bisa cocok di pasaran.

Lyle pun pada akhirnya berhasil membuat produk pertamanya yang diberi nama Lash-Brow-Ine. Selanjutnya pada tahun 1916, Lyle mulai memasarkan Lash-Brow-Ine dan  saat itu berhasil menjadi make up modern pertama seperti yang digunakan saat ini. Setelahnya, Maybell Laboratories pun turut memproduksi produk padat untuk bulu mata dan alis beserta kuasnya pada tahun 1917. Diketahui, kuas dalam produk ini bisa digunakan untuk bulu mata dan alis. Untuk komposisi produk ini dikenal dengan nama sodium stearate cake mascara atau kosmetir air atau yang juga disebut mascaro.

 

Baca : Wardah, Pioneer Kosmetik Bersertifikasi Halal

 

Produk itu juga dibuat dalam dua versi yaitu hitam dan cokelat. Selain itu, untuk penjualan awal produk ini diketahui hanya seharga 75 cent dan produk ini dinamakan Maybelline. Pada tahun 1920, Thomas Lyle Williams sayangnya tidak bisa lagi menggunakan nama Lash-Brow-Ine dikarenakan sengketa merek dagang dengan Benjamin Ansehl of St. Louis, Misssouri. Sehingga hal inilah yang membuat Thomas Lyle Williams pada akhirnya menggunakan nama Maybelline untuk semua produknya.

Meskipun begitu, nama Maybelline justru semakin melambung dan menjadi sangat terkenal dikarenakan menggunakan aktris ternama sebagai modelnya seperti Phyllis Haver, Ethel Clayton, Viola Dana, Ruth Roland dan Natalie Moorhead. Pada tahun 1923, Thomas Lyle Williams secara resmi mengganti nama perusahaannya menjadi Maybelline. Kemudian pada tahun 1925, Maybelline juga memperkenalkan produk mascara waterproof pertamanya dan di tahun 1929, Maybelline mengeluarkan produk pensil alis dan eye shadow pertamanya.

Maybelline pun terus melakukan inovasi dengan membuat make up yang tidak hanya untuk mata, melainkan juga mulai merambah ke lisptik hingga foundation. Pada tahun 1990, Maybelline pun diakuisisi Wasserstein Perella & Co. Maybelline, sehingga memiliki tagline pertamanya yaitu Maybe she’s born with it. Disisi lain akuisisi yang tidak berlangsung lama dikarenakan di tahun 1996, Maybelline diakuisisi oleh L'Oreal.

Selanjutnya pada tahun 2001, Maybelline pun berubah nama menjadi Maybelline New York dan tagline Maybelline juga turut berubah menjadi Maybe It's Maybelline. Koleksi Maybelline sendiri dibagi menjadi tiga meliputi Eye Make Up (Brow, Eyeliner, Eyeshadow, Mascara), Face (Foundation, BB Cream, Powder, Concealer, Blush, Contour and Highlight) dan Lips (Lipstick, Lip Balm, Lip Gloss, Lip Liner).*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 



Berita Terkait