Pelihara Burung, Jadi Salah Satu Hobi yang Banyak Diminati

Senin, 15 Maret 2021 11:09 Resna Hobi

Pelihara Burung, Jadi Salah Satu Hobi yang Banyak Diminati

 

Koropak.co.id - Burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang pada umumnya dimiliki oleh banyak kalangan di Indonesia berkat keindahan bentuk dan corak yang dimilikinya. Selain karena keindahannya, ada banyak faktor yang membuat burung tersebut menarik untuk dimiliki, seperti kicauannya yang merdu dan kecepatan terbang yang digunakan untuk beradu balap.

Dengan demikian, tidak mengherankan sekali apabila terkadang budget yang di keluarkan oleh seseorang agar bisa memiliki seekor burung itu bisa dikatakan fantastis, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Berikut beberapa jenis burung yang memiliki harga jual tinggi di pasaran sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (15/3/2021).

1. Cucak Rowo
Burung cucak rawa ini merupakan salah satu burung tipe cucak-cucakan yang mempunyai golongan paling tinggi apabila dibandingkan dengan tipe cucak yang lain. Sementara itu, untuk populasinya saat ini juga telah terkategorikan susah serta telah menjadi burung endemik yang dilindungi negara. Tercatat, harga jual burung cucak rawa ini bisa mencapai 5 hingga 6 juta rupiah.

 

Baca : Kacer Sering Jadi Pilihan Pecinta Burung

2. Jalak Bali
Burung dengan kicauan yang menawan ini memiliki corak dominan berwarna putih dengan sayap di tengah matanya yang bercorak biru. Selain itu, apabila sedang bernyanyi, seringkali bulu jambulnya turut berdiri serta mengangguk-nganggukan kepalanya. Untuk harga yang ditawarkan dari jenis burung ini bisa mencapai 10 sampai 25 jutaan.

3. Merpati Balap
Merpati balap ini ternyata dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni senilai 6 juta US Dollar atau setara dengan Rp 90 miliar. Diketahui, harga yang sangat fantastis tersebut dikarenakan burung ini merupakan burung tercepat di bumi.

4. Murai Batu
Burung Murai Batu merupakan salah satu burung lomba termahal di Indonesia yang senantiasa menjadi simbol serta rajanya burung celoteh di Indonesia. Harga dari burung Murai Batu ini terkategori relatif normal dikarenanakan banyaknya gantangan adu yang membuka kelasnya. Untuk anakan murai batu hasil ternak, dihargai dengan harga mulai dari 1,5 sampai puluhan juta rupiah.

5. Kenari
Harga burung kenari dibanderol mulai dari 200 hingga 900 ribu rupiah. Akan tetapi jika kalian melindungi serta merawatnya dengan baik, bahkan sampai dengan memenangkan sesuatu festival, maka energi tawarnyaatau harganya pun akan dapat jauh melampaui harga pasaran.*

 

Baca pula : 7 Tips Memelihara Kenari