Ternyata, Tumbuhan Katuk Miliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 15 Maret 2021 07:18 Resna Healthy

Ternyata, Tumbuhan Katuk Miliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh


Koropak.co.id - Katuk merupakan jenis tumbuhan yang cukup populer untuk ibu hamil atau menyesusui. Hal itu dikarenakan tumbuhan yang memiliki nama latin Sauropus Adrogynus ini dipercaya efektif untuk memperlancar dan memproduksi ASI. Diketahui, tumbuhan katuk yang banyak ditemui di Asia Tenggara ini memiliki ketinggian sekitar 2 hingga 3 meter.

Bahkan seringkali juga daun dari tumbuhan ini diolah menjadi berbagai olahan menu makanan, seperti sup hingga aneka tumisan. Selain itu, daun katuk juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari tumbuhan katuk bagi kesehatan tubuh sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (15/3/2021).

1. Memperlancar dan memperbanyak ASI
Daun katuk diketahui memiliki manfaat dan menjadi ASI booster yang baik bagi ibu pasca melahirkan. Selain itu, daun katuk juga dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan produksi ASI serta kenyaman pada ibu menyusui.

 

Baca : Sering Diabaikan, Genjer Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Meredakan flu
Kandungan vitamin C yang melimpah pada daun katuk ini ternyata tidak hanya menjaga dan menambah imunitas tubuh. Akan tetapi juga turut bermanfaat untuk meredakan flu. Hal itu dikarenakan, daun katuk sendiri mengandung efedrin sehingga imun tubuh bisa menjadi kuat dalam melawan segala macam bakteri dan virus-virus jahat.

3. Detoksifikasi
Daun katuk juga bermanfaat sebagai detoksifikasi atau membuang racun dan sel-sel dalam tubuh dari zat-zat berbahaya. Hal ini terjadi karena adanya kandungan klorofil yang tinggi pada daun katu, sehingga membuatnya mampu membersihkan racun dan sel-sel pada jaringan tubuh.

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Manfaat lainnya dari daun katuk ini adalah memperkuat daya tahan tubuh, karena daya tahan tubuh yang baik itu tentunjya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar kesehatannya selalu terjaga dan tidak mudah diserang penyakit.*

 

Baca pula : Teh Herbal Mampu Dongkrak Imum Tubuh untuk Lawan Virus Corona

 



Berita Terkait