Sawo Mentega Kaya Akan Karbohidrat Hingga Vitamin C

Kamis, 04 Februari 2021 06:09 Eris Kuswara Healthy

Sawo Mentega Kaya Akan Karbohidrat Hingga Vitamin C



Koropak.co.id - Mungkin sebagian orang saat ini jarang mengenal yang namanya Sawo Belanda. Diketahui, Sawo Belanda merupakan sejenis buah yang serupa dengan sawo. Buah yang satu ini ternyata berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Meskipun begitu, buah ini sering dibudidayakan dan banyak ditemui di Indonesia.

Di beberapa wilayah di Indonesia, Sawo Belanda memiliki nama yang berbeda-beda. Mulai dari disebut Sawo Mentega, Alkesa, atau Kanistel. Bahkan, buah pemilik nama latin Pouteria Campechiana ini dikenal di Jawa Barat dengan sebutan Campoleh. Selain itu, buah yang mengeluarkan lateks atau getah susu ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Buahnya juga bisa dimakan sebagai buah segar jika sudah matang. Buah Alkesa ini sendiri berbentuk bulat telur dan memiliki ciri khas daging buahnya yang berwarna kuning. Selain itu, dagingnya lembab namun agak kering menepung dan beraroma harum samar manis. Tidak mengherankan juga apabila Sawo ini disebut juga dengan nama Sawo Ubi.

Buah ini juga mirip ubi kuning bercitarasa sari gurih dan manis seperti mentega. Namun berbeda dengan sawo biasa, Buah Sawo Mentega atau Alkesa ini memiliki biji besar. Ternyata, ada banyak kandungan baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan buah ini dipercaya dapat menangkal penyebaran Covid-19. Karena Sawo Mentega ini mengandung karoten, thiamine, niasin, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, fosfor, kalsium dan lainnya. Lantas apa saja manfaat dari Sawo Belanda ini?

1. Menjaga stamina
Diketahui, kandungan nutrisi dari Sawo Belanda ini ternyata dapat menjaga stamina. Hal itu dikarenakan buah ini cocok sekali untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebab, didalamnya juga terdapat kandungan karbohidtrat dan kaya akan vitamin C.

 

Baca : Sering Diabaikan, Genjer Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Menjaga kesehatan tulang
Manfaat lainnya dari Sawo Belanda ini adalah menjaga kesehatan tulang, karena kandungan kalsium yang ada pada buah ini cukup berlimpah. Kalsium sendiri berguna untuk pembentukan maupun kesehatan tulang. Selain kalsium, buah ini juga memiliki kandungan mineral lainnya yang memabntu masa pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A pada Sawo Mentega ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A sendiri dapat mencegah terangsangnya penyakit yang berkaitan dengan gangguan kesehatan mata.

4. Membantu meningkatkan berat badan
Sawo Mentega ini juga ternyata membantu dalam meningkatkan berat bedan. Hal ini dikarenakan didalam buah ini terkandung kalori yang berlimpah. Sehingga sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan nafsu makan. Sehingga, tidak mengherankan jika buah ini cocok dikonsumsi anak-anak yang susah makan.

5. Melancarkan pencernaan
Dikarenakan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, maka disinyalir buah ini juga dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, jika kamu mengalami sembelit, maka buah ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut.

6. Mencegah kanker usus
Selain melancarkan pencernaan,ternyata buah ini juga bermanfaat dalam mencegah kanker usus. Selain itu, berbagai senyawa dan nutrisi didalamnya juga mampu menetralisir racun, bakteri hingga virus.

7. Mengatasi radang mulut
Manfaat yang unik dari buah ini juga bisa mengatasi radang mulut. Meskipun sulit dikonsumsi dikarenakan dagingnya yang lengket, namun manfaatnya ternyata membantu dalam membersihkan mulut. Sehingga kandungan vitamin dan mineral didalamnya bisa digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada mulut.

8. Mencegah penuaan dini
Terakhir, manfaat dari Sawo Mentega ini dan juga paling dicari oleh kalangan wanita yakni mencegah penuaan dini. Buahnya yang kaya akan antioksidan ini ternyata berdampak baik pada kecantikan. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan pada buah ini dapat menghambat perkembangan radikal bebas hingga menyebabkan penuaan dini.*

 

Baca pula : Dapatkan Berbagai Khasiat Bawang Putih Jika Dikonsumsi Pagi Hari

 



Berita Terkait