Tteokbokki, Makanan Khas Korea dengan Citarasa Pedas dan Manis

Jum'at, 01 Januari 2021 15:40 Eris Kuswara Kuliner

Tteokbokki, Makanan Khas Korea dengan Citarasa Pedas dan Manis


Koropak.co.id - Berbicara mengenai makanan khas Korea, sepertinya Tteokbokki atau bisa disebut juga Teokpoki yang merupakan makanan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis tengah menjadi primadona di tanah air. Tercatat, hingga saat ini baik restoran maupun street food yang menyuguhkan makanan ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Perlu diketahui, untuk tteok yang dipakai dalam pembuatan tteokbokki yakni yang berbentuk batang atau silinder. Makanan khas Negeri Gingseng ini sendiri merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di Pojangmacha, Korea. Pada awalnya, makanan ini berasal dari masakan istana Dinasti Joseon yang disebut gungjung tteokbokki.

Pada waktu itu, masakan ini berupa huintteok yang dimasak dengan kecap asin bersama daging sapi, bagogari, kecambah kacang hijau, peterseli, shiitake, wortel, dan bawang bombay. Bahkan dari segi rasanya pun dahulu sangat berbeda sekali dengan tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal saat ini.

 

Tteokbokki, Makanan Khas Korea dengan Citarasa Pedas dan Manis (2)

 

Baca : Be Happy Menikmati Makanan Korea di Donwoori Bandung

 

Sementara itu, untuk tteok yang dipakai dalam pembuatan tteokbokki ini bisa terdiri dari 5 warna yang melambangkan Korea seperti merah, kuning, putih, hitam, dan biru. Berdasarkan sejarahnya, Kawasan Sindang-dong di Seoul dikenal sebagai tempat makan tteokbokki. Bahkan setelah Perang Korea, kios kecil di Sindang-dong adalah kios pertama yang menjual tteokbokki dengan bumbu cabai.

Hingga kini, kawasan Sindang-dong Korea tersebut pun sudah banyak sekali kios tteokbokki. Tteokbokki juga terdiri dari beberapa variasi dan masing-masing variasinya tersebut memiliki citarasa yang berbeda-beda.

Untuk variasi tteokbokki itu sendiri mulai dari Haemul tteokbokki atau tteokbokki makanan laut, Gungjung tteokbokki atau disebut juga ganjang tteokbokki dikarenakan berbumbu kecap asin atau ganjang, Tteokbokki keju dan Tteok kkochi atau tteokbokki dalam tusukan bambu.*

 

Baca : Nikmati Sensasi Makanan Khas Negeri Ginseng dengan Harga Terjangkau

 



Berita Terkait