Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 23 Desember 2020 14:04 Eris Kuswara Healthy

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan di Masa Pandemi Covid-19

 

 

Koropak.co.id - Musim penghujan yang terjadi akhir-akhir ini bisa berdampak pada kesehatan seseorang jika daya tahan tubuhnya lemah. Sebab, berbagai penyakit seperti pilek dan influenza bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh agar bisa terhindar dari infeksi akibat perubahan cuaca.

Selain itu, untuk menjalani pola hidup sehat, sangat penting sekali bagi kita untuk memperhatikan pola makan, istirahat, dan selalu menjaga kebersihan. Berikut beberapa tips dalam menjaga daya tahan tubuh sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (22/12/2020).

1. Istirahat yang cukup
Salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem imunitas tubuh adalah dengan istirahat yang optimal. Oleh sebab itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan. Karena, orang yang kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu sirkulasi sel darah putih.

 

2. Berolahraga
Ternyata berolahraga itu bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, melainkan juga dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh. Meskipun saat ini sedang musim hujan, namun usahakan bagi kamu untuk tetap melakukan olahraga. Karena, banyak olahraga di dalam ruangan yang dapat dijadikan pilihan seperti yoga, atau olahraga di pusat kebugaran terdekat.

 

Baca : Sering Diabaikan, Genjer Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

 

3. Kurangi asupan gula
Tingginya asupan gula dari makanan dan minuman ternyata bisa mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Gula sederhana dan karbohidrat olahan seperti roti, pasta, biskuit dan kue dikenal bisa memberi makan bakteri yang tidak diinginkan dalam usus. Sehingga pertumbuhannya pun menjadi lebih pesat dibandingkan pertumbuhan bakteri baik. Oleh karena itu, dianjurkan bagi kamu untuk melewatkan makanan olahan dan lebih memilih makanan alami seperti sayuran, daging, ikan, kacang-kacangan dan lemak sehat.

 

4. Perbanyak konsumsi cairan
Diketahui bahwa sebanyak 70 persen tubuh kita terdiri atas air sehingga, kekurangan cairan akan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Maka, dengan banyak mengonsumsi air, itu akan membantu tubuhmu untuk membuang “racun” yang ada di dalam tubuh. Semenyara iti, kekurangan air hingga mengalami dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan stress.*

 

Baca pula : Dapatkan Berbagai Khasiat Bawang Putih Jika Dikonsumsi Pagi Hari