Sering Diabaikan, Genjer Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Minggu, 06 Desember 2020 15:12 Eris Kuswara Healthy

Sering Diabaikan, Genjer Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

 

Koropak.co.id - Mungkin kebanyakan orang masih belum mengetahui manfaat dari genjer. Karena, bagi sebagian orang, genjer malah sering dianggap sebagai sayuran yang kurang berharga. Bahkan bagi orang yang hidup didaerah perkotaan, nama genjer mungkin akan sedikit asing di telinganya.

Genjer sendiri memang jarang ditemui di toko swalayan atau supermarket. Namun, kamu bisa menjumpai pedagang genjer di pasar tradisional, di beberapa daerah di Indonesia. Memang tanaman genjer ini juga biasanya tumbuh di area pesawahan atau rawa di wilayah pedesaan. Karena berasal dari kampung, sehingga membuat sayuran yang satu ini kerap dipandang sebelah mata, dan dianggap sebagai makanan masyarakat kelas bawah.

Namun siapa yang menyangka bahwa tumbuhan air yang kerap dijumpai di sawah dan rawa ini, ternyata memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Bahkan genjer juga ternyata memiliki manfaat yang ampuh dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Selain itu, diketahui bahwa masyarakat di pedesaan ini biasanya mengolah genjer menjadi tumis atau sayur.

Akan tetapi ada juga masyarakat yang kerap menjadikan genjer sebagai lalapan dan bahan pecel. Genjer juga memiliki berbagai kandungan gizi mulai dari serat, protein, zat besi, kalsium dan fosfor. Selain itu, genjer juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh sebagaimana dihimpun Koropak, Minggu (6/12/2020).

1. Mengatasi anemia
Kandungan zat besi pada sayuran genjer, ternyata berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Oleh karena itulah yang menyebabkan sayuran genjer bisa membantu seseorang yang kekurangan darah atau anemia. Selain itu, zat besi pada genjer juga turut membantu dalam memperbaiki sel-sel darah merah. Sehingga mampu memperlancar aliran darah yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit.

 

2. Meremajakan sel-sel tubuh
Genjer juga mampu meremajakan sel-sel tubuh, dikarenakan sayuran tersebut mengandung protein yang cukup tinggi. Dengan kita mengonsumsi genjer, maka sel-sel tubuh yang rusak dan tidak berfungsi akan normal kembali.

 

3. Menyehatkan gigi, tulang dan osteoporosis
Dengan mengandung kalsium dan fosfor, membuat daun genjer ini sangat baik dikonsumsi agar tulang dan gigi kalian menjadi sehat. Dikarenakan mampu menyehatkan tulang, kamu pun akan terhindar dari ancaman penyakit osteoporosis.

 

4. Menurunkan kadar gula darah
Genjer juga bermanfaat mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada sayuran genjer juga dapat mengikat lemak-lemak jenuh pada tubuh. Daun genjer juga sangat direkomendasikan bagi penderita hiperglikemia atau seseorang yang memiliki kadar gula darah melebihi batas normal.

 

5. Menyembuhkan luka
Genjer juga ternyata tidak hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam, tetapi juga sangat ampuh dalam menyembuhkan luka pada tubuh bagian luar. Kandungan zat besi pada genjer juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Caranya, kamu hanya cukup mengambil segenggam daun genjer yang sudah dicuci bersih, kemudian tumbuk hingga halusdan balurkan ke bagian tubuh yang terluka.

 

6. Berperan sebagai antibiotik
Genjer juga ternyata baik dijadikan sebagai antibiotik alami, dikarenakan kandungan flovanoid dan vitamin C tinggi dalam genjer. Antibiotik tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai kuman dan bakteri yang kerap menjadi penyebab penyakit bersarang di dalam tubuh.

 

7. Menambah selera makan
Banyaknya kandungan gizi yang baik pada sayuran genjer, ternyata mampu juga dalam meningkatkan nafsu dan selera makan. Selain dihidangkan dalam bentuk tumis, genjer juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai lalapan dengan sambal oncom atau sambal terasi, kemudian dimakan bersama nasi yang masih hangat. Maka, dijamin nafsu makanmu akan bertambah.*

 

Baca : Paparan Sinar Matahari Pagi Atasi Berbagai Masalah Kulit

 

 

 



Berita Terkait