Viral, Video Santri Yang Tetap Salat Jumat Meski Diguyur Hujan

Selasa, 24 November 2020 22:52 Eris Kuswara Intermezo

Viral, Video Santri Yang Tetap Salat Jumat Meski Diguyur Hujan

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini beredar sebuah video viral para santri yang tetap menunaikan salat Jumat meskipun diterpa hujan yang turun. Video tersebut pertama kali diunggah akun Facebook atas nama Musyfiqur Rahman, Jumat (20/11/2020) lalu.

Dalam video itu, tampak para santri yang terlihat khusyuk dalam menunaikan salat meski sajadah yang digunakannya terendam air. Namun dalam video itu juga, tampak sebagian santri yang berteduh di depan sebuah bangunan.

"Dalam hal ibadah dan mencintaimu, aku pantang mundur, Dik" kata seorang santri pada santriwati. Mengharukan! Andai tiba-tiba ada santriwati yang datang dan memayungi mereka, mungkin akan lebih puitis," tulis akun Facebook Musyfiqur Rahman.

 

Baca : Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Perketat Ruang Gerak Santri

 

Setelah ditelusuri, ternyata kejadian itu terjadi di Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat (20/11/2020). Selain itu, ternyata Musyfiqur Rahman sendiri merupakan alumni dari Pondok Pesantren Annuqayah dan dia mengaku mendapatkan video santri salat Jumat saat hujan turun tersebut dari grup alumni.

"Saya kebetulan yang pertama kali posting di akun media sosial. Pada saat salat Jumat dimulai, belum turun hujan. Lalu di pertengahan salat tiba-tiba hujan turun. Selain itu, ada sebagian santri juga yang berteduh dan sebagiannya lagi tetap melanjutkan salat," katanya sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (24/11/2020).

 

Baca : Uus: Harap Pesantren Tidak Menutupi Apabila Ada Santri Terpapar Covid-19

 

Ditambahkan Musyfiqur, para santri itu harus menunaikan salat Jumat di luar ruangan, dikarenakan jumlah jemaah yang banyak meskipun sebenarnya masjidnya sangat luas.

Sementara itu, video itu sendiri direkam oleh orangtua santri yang datang berkunjung ke pesantren.

"Video itu direkam oleh ibu-ibu wali santri yang kebetulan melakukan kunjungan ke pondok untuk menyambangi anak-anaknya. Jadi tepat di titik pengambilan video itu adalah lokasi posko kunjungan yang ditempati oleh ibu-ibu wali santri," ucapnya.*

 

Baca : Puluhan Santri Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Lingkungan Pesantren Cibeureum



Berita Terkait