Seni Berbuah Prestasi Dari Alma Neysa Maheltra, Violinist Asal Kota Tasikmalaya

Minggu, 22 November 2020 23:00 Eris Kuswara Musik

Seni Berbuah Prestasi Dari Alma Neysa Maheltra, Violinist Asal Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Alma Neysa Maheltra merupakan violinist berbakat asal Kota Tasikmalaya yang lahir dari keluarga pemusik. Sehingga ia tumbuh dan berkembang dalam sebuah keluarga yang mengalir darah musik di dalamnya. Wajar jika Alma kecil sudah mengenal dunia musik bahkan saat masih duduk di bangku SD ia sudah mampu meluncurkan album sendiri.

Kepada Koropak, Minggu (22/11/2020), gadis cantik kelahiran Tasikmalaya 5 Juli 2005 ini menceritakan awal mula dirinya menyukai dunia musik. Ia mengaku memiliki uyut (kakeknya ayah; Istlah sunda) yang menyukai musik dan bisa memainkan hampir semua alat musik di zamannya.

"Cerita-cerita kehebatan uyut dalam musik telah menumbuhkan rasa penasaran saya dan berpikir bahwa bermain main musik itu seru. Nah pada akhirnya saya memutuskan untuk mencari salah satu alat musik yang bisa dimainkan, dan hasil penelusuran google, ternyata alat musik tersulit di dunia itu biola. Dari situ saya tertantang untuk bisa memainkan biola dan berprestasi agar bisa mengikuti jejak uyut dan mampu membanggakan orangtua," tutur Alma.

Setelah menceritakan keinginan kepada kedua orang tua, Alma kemudian mengikuti les bermain biola. Ia mengaku terus berlatih tanpa lelah hingga pada akhirnya ia pun diajak bermain dalam berbagai even musik seperti konser.

"Dari segudang pengalaman buah kerja keras dan perjuangan, pada saat duduk di bangku kelas 4 SD, saya berhasil mengeluarkan album perdana bareng komunitas "Percisa Kids". Album itu diluncurkan di Taiwan karena digunakan untuk soundtrack film yang mengangkat cerita komik Shelter of The Sky. Lagu dalam album tersebut berisikan motivasi untuk anak-anak muda agar terus berkarya dan berprestasi." kata Alma yang juga pelajar SMAN 2 Kota Tasikmalaya.

 

Seni Berbuah Prestasi Dari Alma Neysa Maheltra, Violinist Asal Kota Tasikmalaya (3)

 

Gadis berusia 15 tahun yang ikut dalam LKP Symphony Music School ini, mengaku sangat bersyukur. Karena dengan bermain musik, dirinya sering diundang untuk mengisi berbagai acara di dinas-dinas atau instansi termasuk mengikuti berbagai perlombaan. Dan sebelumnya ia juga pernah beberapa kali menjadi guest star di berbagai acara seperti acara Got Talent di Kota Tasikmalaya.

Alma juga turut memberikan tips and triknya kepada peserta mengenai bagaimana caranya agar tidak demam panggung saat tampil.

Lebih lanjut Alma menuturkan, dari sekian banyak lomba memainkan biola yang diikuti, yang paling berkesan baginya adalah lomba adu bakat se-Jawa Barat dan sukses meraih juara pertama. Kemudian bermain kolaborasi dengan violinist seluruh dunia dalam project #musicconnectstheworld sebagai perwakilan Indonesia dengan memainkan lagu klasik berjudul "Ode To Joy" dan lagu "Viva La Vida,

Di samping bermain biola, ia juga mengaku pernah mengikuti lomba vokal se-Priangan Timur dan se-Tasik Raya. ucapnya.

 

 Seni Berbuah Prestasi Dari Alma Neysa Maheltra, Violinist Asal Kota Tasikmalaya (1)

 

 

Dari sekian banyak perlombaan yang diikuti, ia menyebutkan segudang prestasi berhasil didapatkan. Seperti juara 1 adu bakat Sahabat JSP 2016 se- Jabar, kemudian Duta Tasikmalaya dalam acara Tasik October Festival di Jakarta Pusat, juara 1 Got Talent Show Semarak Bina Bakti 2018 se- Kota Tasikmalaya, juara 1 Solo Vocal Leo's 6 Competitions 2019 se- Priangan Timur, penampilan terbaik Home Concert Symphony Music School 2019 se-Kota Tasikmalaya dan masih segudang prestasi gemilang lainnya.

Disebutkan, musik itu bisa dijadikan sebagai media hiburan dan refreshing. Apalagi saat jenuh atau stress. "Saya berharap ke depan akan lebih banyak generasi yang melestarikan musik dan membanggakan kota kelahiran, Tasikmalaya," ujarnya.*

 

Baca : LKP Symphony Music School Tasikmalaya Masuk Final V-Factor Indonesia 2020

 



Berita Terkait