Paparan Sinar Matahari Pagi, Atasi Berbagai Masalah Kulit

Rabu, 18 November 2020 14:08 Eris Kuswara Healthy

Paparan Sinar Matahari Pagi, Atasi Berbagai Masalah Kulit

 

Koropak.co.id - Banyak sekali manfaat matahari pagi bagi kesehatan. Kemudian untuk anjuran berjemur di pagi hari, misalnya bisa dilakukan dengan hanya sekedar duduk di depan rumah tanpa alas atau dengan sekedar berolahraga. Selain itu, sinar matahari pagi juga ternyata dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh.

Tentunya masih banyak lagi berbagai macam manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan dalam tubuh. Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat diberikan saat sudah berjemur dibawah sinar matahari pagi sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (18/11/2020).

1.Meningkatkan produksi vitamin D
Pancaran sinar matahari pagi akan menambah rangsangan produksi Vitamin D dalam tubuh. Vitamin D ini sendiri sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus hingga dapat memperkuat tulang gigi serta otot.

 

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh. Karena, saat tubuh terpapar sinar matahari, maka tubuh kita juga akan menghasilkan banyak sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh. Bagi tubuh, sel darah putih ini memiliki peranan yang penting untuk melawan berbagai penyebab infeksi pada tubuh.

 

3.Memperbaiki kualitas tidur
Mengkonsumsi sinar matahari pada pagi hari juga dapat merangsang produksi hormon melatoinin pada tubuh. Melatonin ini adalah hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Sehingga, jika melatonin dalam tubuh kita kurang, maka siklus tidur pun akan dapat terganggu.

 

4.Mengatasi penyakit kulit
Pancaran sinar matahari pagi juga diyakini bermanfaat untuk membantu kita mengatasi penyakit pada kulit, mulai dari jerawat, eksim, hingga psoriasis. Akan tetapi, sebelum kalian berjemur langsung di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi pada dokter.

 

5.Menekan risiko kanker
Terpapar sinar matahari yang berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun, jika dalam kadar yang pas, maka pancaran sinar matahari ini justru dapat mencegah penyakit kanker seperti kanker prostat, pankreas, ovarium, usus besar dan kanker getah bening.* (Khairunisa)

 



Berita Terkait