Pemulung Asal Garut Ini Fotonya Viral Saat Ngaji di Emperan Toko

Sabtu, 07 November 2020 23:31 Eris Kuswara Intermezo

Pemulung Asal Garut Ini Fotonya Viral Saat Ngaji di Emperan Toko


Koropak.co.id - Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi mengaku terharu dengan kisah Muhammad Ghifari AKbar (16), seorang pemulung asal Garut, Jawa Barat. Pasalnya, remaja yang belakangan fotonya viral saat dia sedang mengaji di emperan toko di kawasan Braga, Kota Bandung, diketahui mempunyai pengalaman hidup yang tidak mudah.

Selain bertahun-tahun menjadi seorang pemulung, ternyata dia juga sudah ditinggal oleh ibunya saat masih berusia 8 bulan. Ia memilih berprofesi sebagai pemulung untuk menggapai cita-citanya, yakni mendirikan sebuah pesantren.

Mendengar langsung kisah pilu sang pemulung tersebut, Dedi berencana membantu Akbar secara khusus. Ia akan memberikan ruang untuk Akbar agar bisa mengajar ngaji anak-anak di Subang sambil memberikan fasilitas untuk mempelajari kitab-kitab kuning.

Tidak hanya itu, Dedi juga akan mengangkat Akbar ini sebagai direktur bank sampah di Subang.

"Pekerjaan itu saya berikan karena dianggap sesuai dengan profesi yang digeluti Akbar selama ini. Kebetulan saya memiliki bank sampah di daerah Subang yang masih membutuhkan orang berkompeten untuk mengelola bank sampah. Ya nantinya dia akan menjadi direktur bank sampah di Lembur Pakuan Subang," Kata mantan Bupati Purwakarta itu.

 

Pemulung Asal Garut Ini Fotonya Viral Saat Ngaji di Emperan Toko (2)

 

Sementara itu, Akbar mengaku sempat terkejut ketika mengetahui fotonya yang sedang mengaji di emperan toko viral di media sosial. Saat itu, dia tidak tahu persis siapa yang memotret dan mengunggahnya ke media sosial.

"Sepertinya tukang parkir, saya juga tahu foto saya viral dari polisi," aku dia.

Menurut Akbar, hal yang tidak pernah ia tinggalkan selama bekerja sebagai pemulung, yaitu salat lima waktu.

"Sebelum meninggalkan rumah untuk memulung, selama ini saya tidak pernah meninggalkan salat lima waktu dan berusaha tetap mengaji di mana pun saya berada. Upaya itu saya lakukan sebagai bentuk menjaga amanah dari nenek dan ayah saya," tutur Akbar.* (Indri)

 

Baca : Alami Tindakan Kekerasan, Remaja Asal Garut Jadi Pemulung di Kota Tasikmalaya



Berita Terkait