Ketahui, Beberapa Manfaat Kebiasaan Bernyanyi di Kamar Mandi

Rabu, 04 November 2020 12:15 Eris Kuswara Healthy

Ketahui, Beberapa Manfaat Kebiasaan Bernyanyi di Kamar Mandi

 

Koropak.co.id - Tanpa disadari ternyata banyak orang terbiasa bernyanyi ketika mereka sedang mandi tanpa peduli bagaimanapun suaranya. Selain itu, hampir semua orang juga pernah merasakan sensasi bernyanyi di kamar mandi, terlebih lagi jika suasana hati mereka sedang senang atau bahagia.

Tidak disangka juga ternyata kebiasaan bernyanyi di kamar mandi itu memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berikut Koropak telah merangkum beberapa manfaat bernyanyi di kamar mandi yang berhasil dihimpun Koropak, hari ini.

1. Bisa menjaga kesehatan paru-paru
Berdasarkan hasil penelitian, menyatakan bahwa bernyanyi di kamar mandi ternyata bisa membantu mengontrol pernapasan menjadi lebih baik. Sehingga, dengan bernyanyi sistem pernafasan kita bisa menjadi lebih terkontrol.

 

Baca : Mitos Rematik Akibat Mandi Malam

 

2. Mengurangi stres
Menurut sebuah studi dalam jurnal " Integrative Physiological and Behavioral Science" pada Tahun 2003 menyatakan bahwa menyanyi dapat meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan hormon dalam darah yang berhubungan dengan pengurangan tingkat stres. Dengan demikian, ketika kita menyanyi, maka tingkat stres yang sedang kita alami secara otomatis dapat berkurang.

 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Berdasarkan hasil penelitian bahwa ketika kita setelah 1 jam bernyanyi, terdapat molekul kekebalan tubuh yang paling tinggi, yaitu sitokin. Tidak hanya itu saja, penelitian juga turut menemukan adanya penurunan kadar hormon stres kortisol. Sehingga pada intinya, ketika kita bernyanyi itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita menjadi lebih kuat.* (Annika Ammeria AS)

 

Baca : Membersihkan Properti Kamar Mandi dengan Tepat