Kuku Berjamur? Atasi Dengan Tiga Bahan Alami Ini, Mudah dan Aman

Minggu, 01 November 2020 12:53 Eris Kuswara Healthy

Kuku Berjamur? Atasi Dengan Tiga Bahan Alami Ini, Mudah dan Aman

 

 

Koropak.co.id - Infeksi jamur kuku atau onychomycosis ini bisa terjadi pada siapa saja, namun paling sering menyerang orang dewasa. Gejala yang paling mudah dilihat adalah kuku berwarna putih, cokelat, atau kuning dan bisa menyebabkan kuku menjadi mudah patah, menebal, retak dan rapuh.

Pada umumnya, infeksi jamur kuku ini disebabkan oleh jamur dermatotif. Akan tetapi ada juga penyebab lainnya yang ternyata bisa memicu kondisi ini salah satunya adalah ragi.

Dalam beberapa kasus, jamur kuku bisa menyebabkan kuku yang terinfeksi itu terpisah atau terlepas dari alas kuku. Sehingga kemungkinan bisa menimbulkan rasa sakit pada kuku. Oleh karena itu, berikut Koropak telah merangkum beberapa cara dalam mengatasi jamur kuku dengan bahan alami.

1. Bawang putih
Bawang putih dikenal memiliki kandungan allicin yang bersifat anti jamur dan antimikroba. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengatasi dan mengobati jamur yang menyerang kuku. Sementara itu, untuk cara pengaplikasiannya, cukup cingcang beberapa siung bawang putih, lalu letakan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur selama 30 menit sehari.

 

Koropak.co.id - Kuku Berjamur Atasi Dengan Tiga Bahan Alami Ini, Mudah dan Aman

 

Baca : Ladies, Inilah Kiat Merawat Kuku Mudah dan Murah

 

2. Tepung jagung
Obat jamur kuku alami yang satu ini pada dasarnya mengandung jamur. Namun jangan khawatir, karena jamur tersebut tidak berbahaya dan justru membantu melawan infeksi jamur dalam tubuh. Untuk mengobatinya, cukup dengan mencampurkan 230 gram tepung jagung dan 2 liter air ke dalam baskom besar. Kemudian biarkan selama satu jam terlebih dahulu barulah rendamkan kakimu selama 30 menit.

 

3. Cuka
Cuka adalah salah satu obat jamur alami yang mudah untuk didapatkan. Karena, cuka juga dapat membantu dalam menyeimbangkan pH kulit dan mempercepat pengobatan infeksi jamur kuku. Sementara itu, untuk cara penggunaanya pun sangat mudah yaitu masukkan cuka bening atau cuka apel ke dalam baskom berisi air hangat dengan perbandingan 1:2, lalu rendamkan kakimu selama 20 menit setiap hari.* (Resna)

 

Baca : Inspirasi Nail Art Merah Untuk Kuku Indahmu



Berita Terkait