Covid-19 Renggut Mimpi Yopie Latul Dalam Melestarikan Lagu Daerah

Minggu, 13 September 2020 10:17 Eris Kuswara Intermezo

Covid-19 Renggut Mimpi Yopie Latul Dalam Melestarikan Lagu Daerah

 

Koropak.co.id - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air, pelantun lagu poco-poco, Yopie Latul dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (9/9/2020). Diketahui, penyanyi lawas tersebut menghembuskan nafas terakhirnya setelah dinyatakan positif Covid-19.

Oleh karena itu, jenazah Yopie Latul pun dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19 yang berlaku. Yopie Latul dimakamkan di tempat pemakaman Umum Pondok Rangon, Jakarta Timur, pada Kamis (10/9/2020).

Yopie Latul lahir di Ambon Maluku, pada 7 September 1955. Tercatat, Yopie mulai aktif bernyanyi sejak tahun 1982 dan dikenal melalui lagu etniknya bergenre house music "poco-poco" yang sering diputar sebagai lagu senam. Selain itu, lagu "poco-poco" tersebut membuat Yopie meraih piala Anugrah Musik Indonesia 2001 untuk kategori penyanyi Disco/House Music/Rap/Dance Music terbaik.

 

Baca : Dunia Musik Tanah Air Kembali Berduka, Didi Kempot Meninggal Dunia

 

Sementara itu, lagu poco-poco itu sendiri diciptakan oleh Arie sesuai perkembangan gaya hidup muda-mudi pada tahun 1990-an. Lagu ini menceritakan tetang bayi lucu serta mungil dan istilah poco-poco pun di kembangkan Arie menjadi seorang gadis cantik.

Yopie sendiri mengaku tidak mengenal pendidikan formal apa pun di bidang musik. Namun semangat keriangan bermusiknya, tercermin sewaktu dia bernyanyi, bertutur kata, gaya berjalan, berpakaian, dan lainnya. Selain itu, baginya musik bisa jadi langkah awal dalam upaya mengungkapkan segalanya. Mulai dari makan malam, kerinduan kepada tanah kelahiran yang elok, bersuka ria dengan nona-nona manis, dan lainnya.* (Resna)

 

Baca pula : Kepergian Sang Ayah Membuat Tao Eks EXO Sangat Terpukul



Berita Terkait