Dunia Komedi Tanah Air Berduka, Komedian Betawi Omas Meninggal Dunia

Senin, 20 Juli 2020 08:56 Eris Kuswara Intermezo

Dunia Komedi Tanah Air Berduka, Komedian Betawi Omas Meninggal Dunia

 

Koropak.co.id - Dunia komedi tanah air berduka, pasalnya komedian Betawi Omas dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (17/7/2020) di kediaman pribadinya. Kabar meninggalnya komedian yang merupakan saudara komedian betawi Mandra dan Mastur ini sangat mengejutkan banyak pihak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Senin (20/7/2020) diketahui, Omas yang memiliki nama lengkap Omaswati ini lahir pada 3 Mei 1996. Melalui kesenian lenong, Omas pun mengawali kariernya sebagai seorang penghibur. Selain itu, nama besar Mandra yang sudah terlebih dahulu terkenal, ternyata turut mengawal kelahiran Omas di dunia hiburan Tanah Air.

Sebagai saudara Mandra dan Mastur, pada akhirnya Omas pun dikenal sebagai seniman dan komedian Betawi yang terkenal. Tercatat, pada tahun 1990-an, Omas mulai menunjukkan wajahnya di layar televisi melalui berbagai program lawak dan sinetron. Bahkan, beberapa judul sinetron pun pernah dibintanginya mulai dari "Yang Muda Yang Bercinta", "Akibat Pernikahan Dini", "Fatih di Kampung Jawara" dan "Upik Abu dan Laura".

Sementara itu, meskipun dirinya sudah mendapatkan job sebagai pemain sinetron, namun Omas juga tidak lalu melupakan kesenian Betawi yang membawa namanya dikenal di masyarakat. Sehingga, untuk menjaga kelestarian budaya Betawi, Omas pun mendirikan sanggar seni dan budaya Betawi yang diberi nama Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi (Pangsi) di daerah Depok, Jawa Barat.

 

Koropak.co.id - Dunia Komedi Tanah Air Berduka, Komedian Betawi Omas Meninggal Dunia

 

Sosok Omas dikenal memang sudah mempunyai ciri khasnya tersendiri dari segi fisik yakni mulut monyongnya. Dengan ciri khas yang dimilikinya itu, ternyata membuat dirinya menjadi panutan untuk setiap orang agar bisa mencintai dan menghargai diri sendiri. Selain itu, melalui ciri khasnya tersebut dan cara berbicaranya yang cablak, membuat perempuan yang akrab disapa Mpok Omas semakin dikenal masyarakat.

Pada September 2002, Omas memutuskan untuk menggugat cerai sang suami, sehingga menjadikannya orangtua tunggal yang membesarkan anak-anaknya. Sekitar tahun 2012, Omas pun muncul kembali ke layar televisi dengan mengenakan hijab. Omas mengakui bahwa keputusannya untuk menggunakan hijab sudah dilakukan sejak tahun 2006.

Dikabarkan, Mpok Omas sempat mengaku ingin menepi dan berhenti dari hiruk pikuk dunia sinetron tanah air dikarenakan faktor usia. Setelah kondisi kesehatannya yang menurun akibat penyakit gula, asma dan paru-paru yang dideritanya, Mpok Omas pun meninggal dunia dan turut meninggalkan tiga orang anaknya, Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian.*



Berita Terkait