Mengenal Sejarah Awal Terbentuknya Hari Bidan Nasional

Rabu, 24 Juni 2020 17:05 Adin Wardini Healthy

Mengenal Sejarah Awal Terbentuknya Hari Bidan Nasional

 

Koropak.co.id - Hari ini, Rabu (24/6/2020) Pemerintah Indonesia memperingati Hari Bidan Nasional yang ke-69. Ditetapkannya Hari Bidan Nasional ini berawal dari Konferensi Bidan Pertama yang di dilaksanakan di Jakarta pada 24 juni 1951 silam, atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Bidan merupakan profesi seorang wanita yang telah lulus dari pendidikan kebidanan dan telah diakui oleh pemerintah. Bidan juga merupakan pahlawan yang ikut berperan dalam perjuangan para ibu untuk melahirkan si buah hati dengan normal dan selamat.

Diketahui, awalnya anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) terdiri dari para wanita yang telah diterima menjadi anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951. Bahkan hingga kini, eksistensi IBI masih tetap aktif dalam mendukung berbagai program KOWANI serta organisasi wanita lainnya untuk meningkatkan harkat dan derajat kaum wanita Indonesia. 

 

(Tingkatkan Mutu Layanan, Bidan Harus Bersertifikasi Profesi)

 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 8 tahun 1985, IBI termasuk ke dalam salah satu daftar Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang ada di Indonesia. Hingga kini, Kementerian Kesehatan juga terus bersinergi bersama IBI khususnya para bidan desa untuk memperkecil angka kematian saat melahirkan.

Dengan diperingatinya Hari Bidan Nasional ke-69, maka sudah saatnya sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk bisa menghargai pengabdian seluruh bidan yang ada Indonesia. Diharapkan pula, para bidan juga bisa semakin profesional dan kompeten dalam menjalankan tugasnya sebagai “pahlawan” bagi para kaum ibu di Indonesia.

 

(Angka Kematian Ibu dan Bayi di Kota Tasikmalaya Turun 50 Persen)