Cara Membuat Dalgona Coffee, Mudah dan Enak Tanpa Mixer

Sabtu, 09 Mei 2020 12:03 Erni Nur'aeni Kuliner

Cara Membuat Dalgona Coffee, Mudah dan Enak Tanpa Mixer

 

Koropak.co.id - Saat ini berbagai jenis kopi tersaji di kafe-kafe dengan varian yang beraneka ragam, namun dimasa pendemi corona ini banyak kafe yang terpaksa tutup sementara. sehingga tidak dapat menikmati kopi tersebut meskipun sebagian tempat menyediakan layanan pesan antar. Namun pengguna jasa ini masih hitungan jari.

Meskipun harus tinggal di rumah selama kasus penyebaran wabah virus corona, namun bukan berarti tidak bisa menikmati kopi ala kafe yang diracik sendiri. Yang penting periksa dulu ketersediaan kopi di rumah dan lakukan cara mengolahnya dengan apik.

Beberapa kopi yang dapat dibuat di rumah yang lagi ngetrend saat ini diantarnya yaitu Dalgona coffe, dengan bahan-bahan yang mudah didapat antara lain 4 sendok makan kopi sachet, 4 sdm gula aren, 4 sdm air panas.

Cara pembuatannya yaitu mencampurkan semua bahan, kemudian kocok hingga mengembang.

Cara penyajiannya cukup tuangkan es batu kedalam gelas saji, kemudian tuang susu UHT sebanyak 3/4 bagian gelas. Lalu toping dengan dalgona cream yang telah dibuat dan taburi coklat bubuk atau oreo.

 

Baca : Dapatkan Pengalaman Menjadi Barista di Bracko Coffee Shop

 

Menu kopi kedua adalah kopi gula aren. Bahan-bahannya yaitu 200 ml susu cair UHT, 25ml gula aren cair, 1 bungkus kopi sachet tanpa creamer yang sudah dicairkan dengan air, dan es batu.

Cara membuatnya pun sangat mudah, masukan gula aren cair ke dalam gelas dan tambahkan es batu, kemudian masukan susu UHT serta terakhir tuangkan kopi pada layer paling atas.

Buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai tambahan bahan dalam membuat kopi, dengan bahan 1 buah alpukat, 125 ml, susu cair, 150 ml air panas, 3 sdm kopi bubuk, 2 sdm susu kental manis, es batu secukupnya, coklat leleh, dan ice cream coklat.

Cara membuatnya, seduh kopi dengan air panas dan saring ampasnya. Kemudian blender alpukat, es batu, susu dan kopi hingga teksturnya berubah lebih kental dan halus.

Sajikan dalam keadaan dingin dengan lelehan coklat dan susu kental manis sebagai toping atau beri ice cream, coklat bubuk dan lainnya.*


Baca : Kopi Baretto Terapkan Social Distancing Hanya Melayani Pesanan Take Away