Tahukah Kamu? Tidur Siang Miliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 07 Mei 2020 14:38 Eris Kuswara Healthy

Tahukah Kamu? Tidur Siang Miliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh


Koropak.co.id - Tahukah kamu? Tenyata, tidur saat berpuasa ternyata memiliki manfaat tidak hanya menghilangkan kantuk. Tetapi, tidur siang yang singkat pada saat berpuasa juga tenyata mampu mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, normalnya kamu tidur selama 7 hingga 8 jam per hari, pada saat berpuasa, waktu tidurmu menjadi berkurang dan hanya bisa tidur selama 5 sampai 6 jam saja. Hal tersebut dikarenakan, kamu harus bangun untuk makan sahur. Oleh karena itulah, kamu harus menyempatkan tidur siang singkat tidak lebih dari 30 menit setiap harinya pada saat berpuasa.

Tapi kamu juga jangan sampai tidur siang terlalu lama ya, karena hal itu dapat memberikan efek buruk pada tubuhmu. Berikut ini Koropak Kamis (7/5/2020), merangkum beberapa manfaat tidur siang singkat saat bulan Ramadan.

1. Menghilangkan rasa lapar
Saat berpuasa, biasanya kamu akan kekurangan tidur karena harus bangun lebih awal untuk melaksanakan santap sahur atau berkurang karena dipergunakan untuk aktivitas beribadah. Sehingga, hal ini tentunya bisa membuat perutmu menjadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari. Sehingga, tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginanmu untuk makan.

 

2. Memperbaiki mood
Diketahui, kurang tidur selama berpuasa juga ternyata membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Sehingga membuatmu menjadi lebih mudah lelah dan marah, salah satu manfaat tidur siang saat berpuasa adalah untuk memperbaiki mood. Maka, luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15 hingga 30 menit.

 

Baca : Teh Herbal Mampu Dongkrak Imun Tubuh Untuk Lawan Virus Corona

 

3. Mengurangi stres
Pada saat kamu mengantuk, kadar hormon kortisol akan menjadi naik. Diketahui, hormon ini berfungsi untuk mengatur respons tubuh terhadap hal yang menegangkan termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol tersebut meningkat, maka stres yang kamu rasakan juga semakin besar. Tidur siang pun bisa menjadi solusinya karena dapat membantu tubuhmu untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga akan mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

 

4. Meningkatkan konsentrasi
Tidur siang saat puasa juga ternyata memiliki manfaat dapat meningkatkan konsentrasi. Karena, aktivitas saraf yang terjadi saat tidur tersebut akan memperkuat kemampuan daya ingatmu dalam jangka panjang. Bahkan kamu juga akan lebih mudah dalam memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

 

5. Menambah tenaga
Puasa mengharuskan kamu untuk bisa menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Selain itu, saat tubuhmu merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak. Karena , tidur siang saat puasa dapat menjaga tenaga yang tersisa pada tubuhmu. Sehingga kamu pun bisa kembali bersemangat dalam beraktivitas.*

 

Baca : Kenali Dulu Bahan Kerudung Pashmina, Agar Tetap Modis di Bulan Ramadan

 

 



Berita Terkait

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka

Manfaat Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka

07 Mei 2019

Saat berpuasa, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar terjaga fit dari sahur sampai berbuka. Salah satunya dengan mengkonsumsi segelas susu,…