Ternyata, Serai Bisa Jadi Bahan Membuat Handsanitizer Alami

Sabtu, 11 April 2020 17:00 Dede Hadiyana Healthy

Ternyata, Serai Bisa Jadi Bahan Membuat Handsanitizer Alami


Koropak.co.id - Di tengah Pandemi Corona yang terus tumbuh, handsanitizer yang menjadi komponen utama untuk mencuci tangan agar steril dari bakteri, kian langka karena keberadaannya banyak dicari masyarakat. Kebutuhan yang melonjak tajam, tanpa dibarengi stok yang mencukupi, menjadi faktor kelangkaan handsanitizer.

Namun tidak perlu khawatir, kita bisa membuat sendiri handsanitizer dengan bahan sederhana yang sangat mudah kita jumpai, yakni serai, lidah buaya, alkohol 70 persen, dan air putih. Cara membuatnya pun sangat mudah, serai ditumbuk sampai pipih, kemudian direndam dengan alkohol 70 persen.

Sedangkan lidah buaya, dikupas kulit terluarnya, dan dihaluskan menggunakan blender. Setelah halus, gel lidah buaya disaring untuk memisahkan sisa kulit yang masih menempel. Kemudian dicampurkan dengan larutan serai yang sudah disaring dengan perbandingan 2:1.

Akhirnya, handsanitizer buatan sendiri jadi dan siap untuk digunakan. Kandungan curcumin dalam serai berpadu gel yang kaya akan kandungan dari lidah buaya, menjadikan handsanitizer alami tersebut bisa membunuh kuman, bakteri, termasuk virus.

 

 Koropak.co.id - Ternyata, Serai Bisa Jadi Bahan Membuat Hand Sanitizer Alami

 

Baca : Aksi Pencegahan Penularan Covid-19 Di Dalam Rumah

 

Selain handsanitizer, kita juga bisa membuat cairan disinfektan sendiri dengan memanfaatkan bahan pembersih lantai sejenis karbol. Caranya jauh lebih mudah, takarannya 30 ml cairan karbol untuk 1 liter air.

Gunakan masker agar tidak ada uap kimia yang terhirup. Lantas, tuangkan karbol ke dalam air kemudian aduk secara perlahan. Kemudian masukan ke botol semprotan untuk digunakan membersihkan rumah sebagai ciran disinfektan buatan sendiri.

Cara membuat handsanitizer dan disinfektan tersebut dipraktikan personel Klinik Kesehatan Lanud Wiriadinata kepada warga Panti Asuhan Syubbanul Wathon Kota Tasikmalaya, Rabu (8/4/2020).

Berbincang bersama Koropak, Jumat (10/4/2020), Kakes Lettu dr Edo Susanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, SH untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran wabah Covid-19, khususnya di Kota Tasikmalaya.

"Diharapkan, usai sosialisasi dan pelatihan membuat handsanitizer buatan, pemahaman terhadap bahaya Covid-19 dapat tersampaikan secara merata," katanya.*

 

Baca : Wow, Jahe dan Kunyit Dipercaya Ampuh Perangi Virus Corona

 

 



Berita Terkait

Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan

Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan

12 Februari 2020

Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan. Menjaga kesehatan saat musim pancaroba tiba, tentunya harus menjadi perhatian tersendiri. Peralihan musim dari kemarau…