Suguhkan Unsur Budaya Jawa, Weird Genius Rilis Lagu Terbaru

Jum'at, 10 April 2020 07:00 Erni Nur'aeni Musik

Suguhkan Unsur Budaya Jawa, Weird Genius Rilis Lagu Terbaru

 

Koropak.co.id - Digawangi oleh Eka Gustiwana, Gerald Liu dan Reza Arap, grup Weird Genius yang merupakan grup EDM Indonesia baru-baru ini merilis singel baru bertajuk Lathi.

Weird Genius yang merupakan bagian dari Barong Family, label bentukan Yellow Claw, menciptakan lagu Lathi yang dinyanyikan Sarah Fajira yang sarat makna. Bahkan dalam beberapa baitnya, terdapat lirik berbahasa Jawa.

Setelah diterjemahkan arti dari lirik lagu Lathi tersebut bermakna tentang hubungan cinta yang penuh dengan kebohongan, ego cinta yang hanya sekedar menyakitkan.

Sepenggal lirik berbahasa Jawa tersebut merupakan pepatah kuno Jawa, "Kowe ra iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi", atau yang diartikan "Kamu tidak bisa lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada pada lidahnya".

 

Koropak.co.id - Suguhkan Unsur Budaya Jawa, Weird Genius Rilis Lagu Terbaru (2)

 

Baca : Musisi Legendaris Tasikmalaya Ciptakan Lagu Untuk Corona

 

Lirik Lathi terinspirasi dari pengalaman cinta yang mungkin banyak dialami pasangan. Secara musikal Weird Genius menyeimbangkan EDM dengan Bahasa Inggris modern serta budaya tradisional Jawa yang diwakili dengan gamelan dan bahasa Jawa di bagian bridge.

Bahkan dalam videonya terdapat beberapa unsur kesenian daerah seperti debus, wayang kulit hingga kuda lumping yang kian memberikan kesan budaya Jawa di lagu Lathi tersebut.

Dengan adanya lagu Lathi, Eka semakin mengkokohkan jati diri Weird Genius dan sudah dapat dipastikan bahwa karya-karya mereka akan selalu menyisipkan unsur budaya sebagai warisan yang harus dipertahankan.

"Kami sudah menemukan jati diri kami sebagai Weird Genius, band elektronik di Indonesia yang didalamnya memasukan unsur musik tradisional. Jadi tiga tahun lalu kita masih mencari jati diri seperti apa, maka dari itu kita rilis singel terus. Ada yang kita sisipkan budaya ada juga yang tidak. Tetapi kali ini kita temukan sebuah karakter," ujar Eka Gustiwana sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (9/4/2020).*

 

Baca Juga : Yukaina Band Unik Dari Tasikmalaya