Batik Kombinasi Miliki Keseimbangan Motif dan Ruang Polos

Senin, 23 Maret 2020 07:55 Erni Nur'aeni Fashion

Batik Kombinasi Miliki Keseimbangan Motif dan Ruang Polos

 

Koropak.co.id - Baju batik dengan model terkini, tidak hanya digunakan saat menghadiri acara formal saja. Motifnya yang kian beragam, membuat batik kekinian cocok pula digunakan untuk acara-acara semi formal.

Berdasarkan riwayatnya, batik umumnya digunakan sebagai kain penutup bagian bawah bagi lelaki atau perempuan dalam pakaian adat di beberapa daerah di Indonesia. Batik juga menjadi kain khusus para raja, bangsawan, ksatria. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, semua perbedaan itu menjadi kabur.

Dalam ulasan kali ini, Senin (23/3/2020) Koropak akan mengulas adanya batik bermotif kombinasi yang kian membuat batik banyak digemari. Bahkan, tidak hanya oleh orangtua, namun juga para kawula muda. Batik kombinasi umumnya memiliki motif yang saling mengisi dalam proporsi yang seimbang. Kain polos dari batik kombinasi seakan memberikan ruang bagi batik memperlihatkan keunikan motifnya.

Dengan menggunakan batik kombinasi, dapat membuat seseorang terlihat segar dan keren, karena tubuh tidak akan tenggelam oleh motif batik.

 

Baca : Indonesia Jadi Negara Tempat Pertama Lahir Batik

 

Bahan dari serat alami seperti katun dan sutra akan membuat pemakainya nyaman karena akan terasa sejuk dan tidak kegerahan. Beda hal dengan kain batik yang terbuat dari serat sintetis atau paduan antara serat alami dan buatan, cenderung panas jika dipakai.

Corak batik kombinasi dengan tangan pendek pun sangat cocok untuk bersantai atau menghadiri kegiatan semi resmi. Motif batik yang tidak terlalu ramai pun menjadi incaran para kawula muda dalam memilih batik yang ingin dipunyainya.

Namun, dalam memilih batik, Koropak menyarankan agar setelah menentukan bahan dan motif, perhatikan secara seksama kualitas dari jahitannya. Potongan yang bagus umumnya tampak simetris antara bagian kiri dan kanan. Meskipun bahannya tidak berupa bahan penuh, antara kedua bagian terdapat kesinambungan yang elegan.*

 

Baca pula : Keren! Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Kenalkan Batik Universe