Kunci Sukses Memelihara Ikan Koi : Jaga Kualitas Air

Rabu, 18 Maret 2020 09:36 Erni Nur'aeni Hobi

Kunci Sukses Memelihara Ikan Koi : Jaga Kualitas Air


Koropak.co.id - Ikan Koi merupakan ikan yang termasuk keluarga ikan mas (Cyprinus Carpio) dengan beragam corak indah. Tidak heran ikan Koi menjdi ikan favorit untuk dipelihara di rumah. Bahkan ikan Koi sangat populer di Jepang sebagai ikan pembawa hoki meskipun ikan Koi berasal dari perairan tawar Cina.

Terdapat keunikan tersendiri dari ikan Koi. Berdasarkan mitos, ikan Koi menjadi salah satu hewan yang dapat melakukan terapi relaksasi yang dijamin akan membuat orang merasa tenang hanya dengan melihatnya.

Para penghobi ikan Koi pun merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tak terkecuali di Priangan Timur melalui Komunitas Priangan Timur Koi Club (PTKC), yang sudah berdiri sejak tahun 2016.

Berbincang bersama Koropak, Rabu (18/3/2020) Sekretaris PTKC, Senif Apniyanadi menuturkan dalam memelihara ikan Koi, perawatannya tidaklah begitu sulit. Terpenting, merawat kualitas air dengan baik sehingga kesehatan ikan Koi akan terjaga dengan baik.

"Hanya dengan menjaga kualitas air, membuat umur ikan Koi lebih panjang dan juga sehat," katanya.

 

Koropak.co.id - Kunci Sukses Pelihara Ikan Koi  Jaga Kualitas Air (1)

 

Baca : Hilangkan Stres Dengan Membangun Kolam Ikan Depan Rumah

 

Ditambahkan Senif, perawatan lainnya yakni dengan memberikan pakan pelet khusus koi 4 kali sehari guna mendorong pertumbuhan besar badan dan corak warna Koi.

"Sebetulnya ikan Koi juga dibedakan antara impor dan lokal. Tidak sedikit penghobi Koi yang belum begitu memahami cara membedakannya. Justru, ikan Koi impor dan lokal hanya dibedakan dari ukuran saat hendak dilakukan pemijahan atau ternak. Jika ikan Koi impor harus menunggu sampai berukuran 80 cm untuk diternakan, sedangkan ikan koi lokal, meskipun ukuran baru 50 cm, namun ikan Koi sudah bisa dilakukan pemijahan," katanya.

Adapun bermacam tipe ikan Koi yang diminati oleh para penggemar meliputi kohkau, showa, sanke dan chagoi. Untuk harganya sendiri cukup kompetitif. Apalagi jika ikan Koi-nya pernah menjadi juara kontes dengan kualitasnya Show Quality (SQ), harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta.

Sejak mengadakan kontes ikan Koi hingga event keempat yang dilangsungkan Januari 2020 lalu, kata Senif, jumlah pecinta ikan Koi semakin tumbuh. Tidak hanya mereka yang sudah profesional dan berpengalaman, namun juga mereka yang merupakan pemula.*

 

Baca : Ribuan Penghobi Koi Se-Indonesia Ikuti Kejurnas Koi di Tasikmalaya



Berita Terkait