Kolaborasi Kecapi Suling dan Band, Upaya Lestarikan Budaya Lokal

Selasa, 10 Maret 2020 17:23 Erni Nur'aeni Musik

Kolaborasi Kecapi Suling dan Band, Upaya Lestarikan Budaya Lokal

 

Koropak.co.id - Tiada disangka, Konser Bersama Musisi Tasikmalaya yang digelar dalam rangka Hari Musik Nasional terselip keunikan yang patut diapresiasi.

Berbincang bersama Koropak, Selasa (10/3/2020), Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Endang RS menuturkan dalam konser yang digelar di Halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu (8/3/2020) kemarin, menyajikan keseruan dan keunikan tersendiri..

"Kita lihat ada kolaborasi seru, unik, dan apik antara alat musik tradisional yakni kecapi suling dengan musik modern melalui kemasan band. Justru suguhan tersebut menjadi terobosan mengkampanyekan pelestarian budaya lokal yang dikemas kekinian," katanya.

Tujuan utamanya, kata Endang, melestarikan budaya lokal agar tidak punah, dan tidak hilang di ingatan masyarakat.

"Kami juga saat ini tengah mengupayakan ruang ekspresi untuk musisi agar karena GOR Sukapura yang selama ini langganan digunakan para musisi, sekarang sama sekali tidak dapat digunakan," katanya.

 

Koropak.co.id - Kolaborasi Kecapi Suling dan Band, Upaya Lestarikan Budaya Lokal (1)

 

Baca : Hari Musik Nasional, Promosikan Tasikmalaya Lewat Karya Musik

 

Alasan GOR Sukapura tidak dapat digunakan, kata Endang, dikarenakan tengah dipersiapkan untuk gelaran Porprov 2022.

"Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya sendiri sudah mengundang kita untuk membicarakan renovasi Gedung Kesenian agar dapat lebih diperbesar lagi, minimalnya sama dengan GOR Sukapura sehingga berbagai kegiatan benar-benar terpusat di sini," kata Endang.

Endang juga berpesan kepada para musisi agar dalam kegiatan berkesenian, senantiasa menaati Perda Tata Nilai dan tidak melanggar norma susila di Kota Tasikmalaya.

"Salah satu contohnya, dalam Perda Tata Nilai termaktub bahwa ketika berkumandang adzan, kegiatan apapun harus segera dihentikan. Musisi juga diharap bisa turut menaati aturan agar tertib dalam konser, dan turut mengingatkan penonton agar tidak membawa minuman keras atau senjata tajam," katanya.*

 

Baca pula : Rebutan GOR Sukapura, Musisi Kota Tasikmalaya Kecewa



Berita Terkait