Kiat Alternatif Cegah Virus Corona Tanpa Handsanitizer

Selasa, 10 Maret 2020 16:11 Dede Hadiyana Healthy

Kiat Alternatif Cegah Virus Corona Tanpa Handsanitizer


Koropak.co.id - Penyebaran virus corona atau Covid-19, berhasil membuat msyarakat Indonesia resah. Terlebih, seteah Presiden RI Ir. Joko Widodo mengumumkan adanya dua warga Indonesia yang positif terinfeksi virus tersebut.

Dampaknya, banyak masyarakat yang berbelanja bahan makanan dan alat kebersihan untuk jangka waktu yang lama. Dua alat kebersihan paling laris yakni masker dan handsanitizer, keberadaannya pun mendadak menjadi langka dipasaran.

Menyikapi hal tersebut, GM Kesehatan Dompet Dhuafa, Dr. Yenny Purnamasari, memberikan tips agar tetap sehat, aman, dan nyaman menghadapi virus corona sekalipun tanpa handsanitizer seperti yang sudah dihimpun Koropak.

"Virus corona atau Covid-19 bisa menular melalui dua sarana yang salah satunya yakni kontak erat yang masuk melalui mukosa atau sel selaput yang terdapat di hidung, mulut, dan mata. Kondisi yang tidak steril dapat mengakibatkan virus masuk melalui mukosa mata apabila tangan kita tidak sengaja mengucek mata" ujarnya.

 

Baca : Wow! Jahe Dan Kunyit Dipercaya Ampuh Perangi Virus Corona

 

Virus seperti corona akan mati bila terkena matahari, terkena suhu tinggi, ataupun terkena cairan disinfektan yang mengandung alkohol seperti handsanitizer. Solusi melepaskan virus dari tangan tidak hanya menggunakan hansanitizer, hal sederhana dan murah seperti mencuci tangan dengan sabun adalah jawabannya.

"Inilah yang membuat masyarakat panik dan memborong barang tersebut hingga keberadaannya menjadi langka. Sebenarnya tidak perlu khawatir dan menjadi masalah dengan kelangkaan handsanitizer, akan tetapi perilaku cuci tanganlah yang menjadi intinya," katanya.

Dikatakan Dr. Yenny, dengan mencuci tangan yang baik dan benar, maka kuman, bakteri, dan virus yang ada ditangan tidak akan masuk ke tubuh, apalagi dengan metode cuci tangan lima waktu. Perilaku Hidup Sehat dan Bersih tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari dan perlu terus dikampanyekan kepada khalayak luas.

"Dianjurkan agar mencuci tangan lima waktu yakni sebelum makan, sesudah makan, setelah beraktivitas, setelah Buang Air Besar (BAB), dan setelah menyusui. Jika kita cuci tangan dengan bersih, maka kuman, bakteri, dan virus yang ada ditangan kita akan larut dengan sendirinya," ucapnya.*

 

Baca pula : Ventilasi Udara Dalam Rumah, Antisipasi Terpapar Virus Corona



Berita Terkait