Insomnia dan Kelelahan, Pertanda Penumpukan Racun Dalam Tubuh

Kamis, 27 Februari 2020 07:23 Erni Nur'aeni Healthy

Insomnia dan Kelelahan, Pertanda Penumpukan Racun Dalam Tubuh

 

Koropak.co.id - Pentingnya mengenali dan mewaspadai tanda-tanda saat tubuh diserang racun, disebabkan risiko yang akan muncul jika tidak segera ditangani secara serius. Racun akan semakin menumpuk, dan kondisi kesehatan tubuh pun semakin terganggu.

Perlu diketahui, secara tidak disadari setiap harinya banyak racun masuk ke dalam tubuh, contohnya seperti ketika berada di jalan raya dan menghirup asap kendaraan bermotor yang mengandung gas karbondioksida. Makanan yang dikonsumsi juga bisa memiliki kandungan zat beracun yang tidak dikenali komposisi bahan yang terkandung dalam makanan tersebut.

Sebenarnya tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk membuang berbagai macam racun. Organ tubuh yang menangani masalah racun, yaitu hati, hanya mampu memproses pembuangan racun saat tubuh tidur di malam hari saja.

Untuk mengetahui tanda tubuh diserang racun, berikut Koropak telah merangkum ulasan tanda-tandanya.

1. Insomnia
Insomnia ditandai dengan sulit tidur dan mengakibatkan penderita dapat mudah depresi serta marah. Insomnia juga menjadi salah satu tanda bahwa tubuh penuh dengan racun karena kekurangan hormon di dalam tubuh.

 

2. Susah Buang Air Besar
Susah buang air besar memang tidak selalu disebabkan oleh kekurangan serat atau asupan air putih, bisa juga disebabkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

 

Baca : Musim Pancaroba Tiba Bersiap Jaga Kesehatan

 

3. Napas Bau
Mafas bau merupakan gejala dari masalah pencernaan. Namun nafas bau juga dapat disebabkan semua racun yang terakumulasi. Hati akan menyingkirkan satu per satu racun, bahkan jika usus besar tidak lagi berfungsi dengan semestinya. Namun jika racun di dalam perut, akan memacu aroma tidak sedap dari nafas.

 

4. Selalu Merasa Lelah
Menurut penelitian, ada kaitan erat antara kelelahan kronis dengan paparan racun di lingkungan sekitar seperti pestisida, pelarut serta logam-logam berat berbahaya. Ahli medis dari City MD, Dr. Janette Nesheiwat mengatakan bahwa memaksa ginjal untuk bekerja terlalu keras akan membuat fungsi ginjal melambat, yang mengakibatkan penumpukan racun dalam tubuh yang akan menimbulkan efek kelelahan dan kekurangan energi.

 

5. Sensitif Terhadap Aroma
Reaksi berlebih terhadap wewangian menandakan bahwa tubuh sedang melawan racun. Penumpukan racun dalam tubuh juga bisa juga diketahui dari bau badan yang tidak normal.*

 

Baca : Ternyata Ini Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun

 



Berita Terkait