Tak Sekedar Jadi Lalapan, Daun Kemangi Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Rabu, 26 Februari 2020 15:07 Dede Hadiyana Healthy

Tak Sekedar Jadi Lalapan, Daun Kemangi Kaya Manfaat Untuk Kesehatan


Koropak.co.id - Daun kemangi merupakan tanaman yang biasa tumbuh saat musim hujan tiba. Daun kemangi memiliki ciri khas ukurannya yang kecil menyerupai rumput dan dibalut oleh bulu halus namun aman untuk disentuh. Daun kemangi bisa ditanam di kebun, halaman rumah, pinggir jalan, lapangan, hingga di huma-huma.

Daun kemangi banyak dijadikan sebagai lalapan. Namun siapa sangka, tumbuhan mungil dengan rasa dan aromanya khas ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Berikut Koropak telah menyiapkan rangkuman manfaat daun kemangi.

 

1. Menjaga kesehatan mata
Daun kemangi bermanfaat sebagai obat penjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Walaupun tidak sebanyak dalam wortel, tapi kandungan vitamin A pada daun kemangi cukup untuk menjaga kesehatan mata dan baiknya dikonsumsi dalam bentuk minuman.

 

2. Mengatasi bau mulut
Banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi untuk mengatasi permasalahan pada tubuh seperti bau mulut. Diyakini bahwa daun kemangi dapat mengobati masalah tersebut bahkan mampu menanggulangi bau badan.

 

Baca : Pahitnya Pare Senjata Perang Melawan Diabetes dan Kolesterol

 

3. Melawan menopouse dini
Tanaman herbal ini juga dipercaya dapat dijadikan sebagai obat penunda menopouse. Pasalnya, daun kemangi mengandung zat Triptofan yang mampu menghambat datangnya menopouse serta mampu menghambat terbentuknya keriput pada kulit serta mengangkat sel kulit mati.

 

4. Mengobati batuk pilek
Manfaat lain dari daun kemangi yakni dapat mencegah penyakit batuk pilek karena mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk pilek. Daun kemangi dapat diolah menjadi minuman wedang kemangi yang juga bisa menghangatkan tubuh.

 

5. Mengobati keputihan
Khasiat daun yang memiliki aroma khas ini yakni dapat mengobati keputihan dimana terdapat kandungan antibiotik alami pada daun kemangi yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Memakan daun kemangi mentah-mentah bersama nasi adalah cara ampuh mengkonsumsi daun kemangi untuk atasi keputihan serta menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap.*

 

Baca pula : Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras