Di Kanagawa Jepang, Kucing dan Anjing Dapat KTP

Minggu, 23 Februari 2020 10:17 Erni Nur'aeni Intermezo

Di Kanagawa Jepang, Kucing dan Anjing Dapat KTP


Koropak.co.id - Kartu Tanda Penduduk (KTP) biasanya dipergunakan hanya untuk identitas manusia, baik berupa SIM, kartu pelajar atau kartu lainnya yang menunjukan orang tersebut berasal dari suatu daerah. Namun baru-baru ini di Kanagawa Jepang, hewan peliharaan berupa kucing dan anjing juga mendapatkan kartu identitasnya.

Program tersebut merupakan wujud kemitraan antara Pemerintah Prefektur Kanagawa dan perusahaan media yang khusus mengupdate tentang dunia hewan peliharaan, Peco.

Masyarakat dapat membuat Cat Resident Card atau KTP Kucing untuk kucing peliharaan mereka melalui situs web Peko, sama halnya untuk kartu identitas manusia, dalam KTP kucing itu pun tercantum nama, tanggal lahir dan jenis kelamin.

Ditambah nama anggota keluarga seperti pemilik dari kucing tersebut dan anggota manusia lainnya, serta ada kolom opsional untuk trik dan kemampuan khusus yang dimiliki kucing bahkan motto pribadinya. Bahkan Peco juga menawarkan KTP untuk anjing yaitu Dog Resident Card.

 

Baca : Akun Kucing Berwajah Marah Dibanjiri Followers

Kartu tersebut hanya bersifat digital, namun pemilik hewan dapat menyimpan gambar kartu di ponsel atau PC. Meskipun dokumen tidak mengikat secara hukum namun pendaftaran tetap disimpan oleh Peco, yang bisa sangat membantu saat pemilik membutuhkan bukti hubungan saat kucing atau anjing tersebut hilang.

Layanan lain yang ditawarkan Peco adalah memasang chip pelacak pada hewan peliharaan, karena KTP kucing dan anjing juga memungkinkan untuk mendaftarkan nomor microchip yang sesuai.*

 

Baca pula : Kucing Hitam, Kisah Pilu yang Berakhir Tragis