Bakmi Kobee, Cara Sehat Nikmati Bakmi Enak

Sabtu, 22 Februari 2020 09:11 Erni Nur'aeni Kuliner

Bakmi Kobee, Cara Sehat Nikmati Bakmi Enak


Koropak.co.id - Dengan tekstur kenyal serta lembut membuat Bakmi Kobee yang berada di Jalan Galunggung Nomor 69 Kota Tasikmalaya ini banyak digemari para pecinta kuliner.

Tidak hanya mie, bakso goreng dan pangsit menjadi ciri khas dari Bakmi Kobee tersebut. Paduan cincang ayam, mie, bakso goreng, dan pangsitnya dibuat dari bahan-bahan segar tanpa adanya pengawet tambahan lain sehingga aman dikonsumsi.

Bakmi merupakan salah satu sajian jenis mie yang dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia, namun sebagian masyarakat di Tasikmalaya masih beranggapan bakmi merupakan bentuk lain mie ayam.

Ditemui Koropak Sabtu (22/2/2020), Owner Bakmi Kobee Arif Kusnandar mengatakan penamaan "Kobee" berawal ketika ia bekerja di Jepang, tepatnya di restoran Kobee.

"Cita rasa mie di Jepang dan Indonesia berbeda sehingga saya pun harus berinovasi yang disesuaikan dengan lidah lokal. Indonesia memang berbeda dengan khas jepang karena Jepang tidak ada namanya bumbu penyedap, hanya ada asin dan manis," katanya.

Kalau di Indonesia, kata Arif, bisa lebih gurih. Tantangannya menyajikan bakmi ini tidak terlalu gurih sehingga memakai penyedap nabati. Dia pun membuat mie dengan cara manual, sama sekali tidak menggunakan penggiling mesin.

"Dengan dibuat manual menggunakan kayu kemudian dipres, mie yang saya buat memiliki keunggulan karena tanpa bahan pengawet," katanya.

 

Koropak.co.id - Bakmi Kobee, Cara Sehat Nikmati Bakmi Enak (2)

 

Baca : Mencicipi Kuliner Bandung di Restoran Recommended

 

Jika di Jepang, ucap Arif, setelah mie matang, mie dimasukan ke dalam air es supaya mienya dingin dan awet. Sedangkan mie yang dibuat Arif tidak melakukan pola yang sama, tujuannya agar mie tetap hangat.

"Kami hanya menyediakan 30 porsi saja karena prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tidak ada mie yang tersisa yang berisiko basi. Jika habis, kita tidak bisa bikin lagi karena prosesnya lama. Saya saja membuat mie dari jam 04.30 WIB sampai 09.00 WIB, itupun hanya 30 porsi saja," katanya.

Menu yang disajikan yaitu bakso goreng Rp 16.000, original Rp 13.000, bakso sapi Rp 16.000, bakmi bakar Rp 20.000 dan bakmi spesial Rp 25.000.

"Kami pun menyediakan bakmi bakar yang dipanggang menggunakan batu dengan sensasi wangi dari daun pisangnya," katanya.*

 

Baca pula : Ngopi Lezat Dengan Suasana Cozy Dijamin Betah