Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan

Rabu, 12 Februari 2020 13:05 Eris Kuswara Healthy

Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan


Koropak.co.id - Menjaga kesehatan saat musim pancaroba tiba, tentunya harus menjadi perhatian tersendiri. Peralihan musim dari kemarau menuju musim penghujan akan membuat tubuh dipaksa untuk beradaptasi.

Jika tubuh sulit beradaptasi, akan berdampak pada terganggunya kesehatan seperti terserang demam dan flu yang tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, guna memberikan inspirasi dalam menjaga kesehatan di musim Pancaroba, berikut Koropak telah menyiapkan kiat untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat saat musim pancaroba.

1. Menjaga tubuh agar tetap hangat
Biasanya ketika musim hujan, tubuh akan sangat mudah terkena virus flu. Maka agar tubuh tetap hangat, disarankan untuk memakai pakaian yang hangat ketika musim hujan dan selalu mengonsumsi makanan atau minuman hangat.

 

2. Menjaga kebersihan diri
Pada saat musim pancaroba tiba, tingkat kelembaban akan meningkat cukup tinggi, yang mengundang kuman dan bakteri berkembang biak dengan mudah. Hal ini diperparah dengan kebiasaan malas mandi saat musim hujan. Padahal, menjaga kebersihan diri sangat penting agar tubuh tidak dihinggapi kuman dan bakteri.

 

3. Memperhatikan asupan gizi dan pola makan
Musim penghujan juga akan membuat suhu menjadi lebih rendah, maka untuk menghangatkan tubuh diperlukan banyak kalori. Oleh sebab itu, sangat penting bagimu dalam menjaga pola makan ketika pergantian musim tiba. Cobalah untuk menyantap makanan yang bergizi khususnya yang memiliki serat tinggi.

 

Koropak.co.id - Musim Pancaroba Tiba, Bersiap Jaga Kesehatan (2)

 

Baca : Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Penuhi cairan tubuh
Kekurangan cairan dalam tubuh ternyata bisa membuat dehidrasi, terlebih 70 persen struktur tubuh berisi air. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk tetap menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan tetap minum air putih secukupnya.

 

5. Memperhatikan pola tidur
Suhu udara yang dingin pada saat musim penghujan mengundang rasa malas yang berlebih. Terlebih lagi rasa kantuk sering datang dan membuatmu ingin tidur. Akan tetapi perlu diketahui, tidur dengan porsi yang berlebihan tidak dianjurkan untuk kesehatan, karena dapat menimbulkan gejala lemas dan otot menjadi kaku. Oleh sebab itu, sebaiknya mengambil porsi tidur di malam hari yang tidak berlebihan.*

 

Baca pula : Alasan Mengapa Harus Nikmati Keindahan Alam



Berita Terkait