Juri Nasional Apresiasi Latihan Bersama Puter Pelung Tasikmalaya

Selasa, 11 Februari 2020 15:34 Dede Hadiyana Hobi

Juri Nasional Apresiasi Latihan Bersama Puter Pelung Tasikmalaya


Koropak.co.id - Tasikmalaya yang masuk kedalam zona III mewakili kota se-Priangan Timur termasuk Cirebon dan Majalengka, dalam latihan bersama (latber) Puter Pelung yang digelar di Lapangan Pasar Burung Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Senin (10/2/2020).

Lomba bertajuk Puter Pelung berjudul Tasikmalaya Melung Lalakona tersebut menghadirkan dewan juri tingkat nasional dari Pemersatu, Pecinta, Pelestari Puter Pelung Seluruh Indonesia (P5SI) yang meliputi Bandung, Cilacap, Ciamis, Karawang, dan Tasikmalaya.

Salah seorang dewan juri asal Bandung, Pudjianto menuturkan pada lomba perdana di Tasikmalaya ini, dibagi menjadi tiga kelas meliputi Kelas Madya A dengan 22 peserta, dan Kelas Madya B yang digabungkan dengan Kelas Utama dengan jumlah 20 peserta.

Para dewan juri yang hadir, kata Pudjianto, mewajibkan peserta menjunjung sportivitas, kejujuran, dan fairplay. Sedangkan untuk di lapangan sendiri terdapat sistem rolling atau bergantian pada setiap blok dalam penilaian selama lomba berlangsung disetiap babaknya.

"Penilaiannya meliputi suaranya dari burung tersebut. Jika hanya bekur dan ngiplik saja tidak kita nilai," katanya.

 

Koropak.co.id - Juri Nasional Apresiasi Latihan Bersama Puter Pelung Tasikmalaya (2)

 

Baca : Puter Pelung Tasikmalaya Populerkan Anggungan

Untuk penilaian Puter Pelung di kelas utama, kata Pudjianto, turut dinilai dari pakem suara yang dibagi dalam 5 unsur, yakni depan, tengah, ujung, irama, dan dasar suara. Terkait sangkar, walaupun menggunakan sangkar yang luar biasa, namun tidak akan berpengaruh terhadap penilaian karena yang dinilai adalah kualitas suara burungnya.

"Antusias pesertanya sangat luar biasa. Di tahap awal latber sampai sosialisasi Puter Pelung di Tasikmalaya. Harapan saya ke depan Puter Pelung bisa lebih memasyarakat lagi dan bisa lebih paham lagi mengenai Puter Pelung," ucapnya.*

 

Baca pula : Latber Puter Pelung Berpotensi Jadi Magnet Wisata di Tasikmalaya



Berita Terkait