Ladies, Inilah Kiat Merawat Kuku Mudah dan Murah

Rabu, 05 Februari 2020 08:08 Erni Nur'aeni Healthy

Ladies, Inilah Kiat Merawat Kuku Mudah dan Murah


Koropak.co.id - Kuku merupakan salah satu bagian dari tubuh yang sering menjadi perhatian orang, kuku yang terawat mencerminkan kepribadian seseorang, sehingga penting kiranya untuk selalu menjaga kebersihan kuku.

Sebagian perempuan mungkin akan memanjangkan kuku sebagai salah satu daya untuk memperindah penampilan. Bahkan kuku yang bersih serta sehat dapat mencegah dari berbagai penyakit. Memiliki kuku yang mengkilap, cantik dan halus merupakan ciri-ciri dari kuku sehat. Tak sedikit juga perempuan yang rela mengocek ratusan ribu rupiah agar kuku mereka tidak mudah rapuh, patah bahkan berwarna kekuningan.

Namun, Koropak telah menyiapkan cara mudah dan murah untuk merawat kuku yang bisa dilakukan sendiri. Berikut ulasannya.

1. Selalu menjaga kebersihan kuku
Jika kukumu panjang, rawat dengan baik agar tidak mudah patah dan rusak. Pastikan semua alat perawatan kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Hindari penumpukan kotoran di kuku. Cara merawat kuku panjang terbaik yaitu menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil.

2. Hindari penggunaan cat kuku yang keras
Meskipun sangat senang mewarnainya, kamu harus lebih selektif dalam memilih cat kuku agar tidak rusak akibat paparan bahan kimia yang keras. Ada baiknya menggunakan pewarna kuku berbahan dasar air yang tidak tahan lama namun menjadi pilihan teraman.

 

Baca : Polusi dan Debu Bikin Rambut Rusak, Inilah Solusinya

3. Rendam kuku dalam cuka apel
Sekali waktu coba dengan merendam kuku dalam cuka apel. Caranya, dengan memasukan jari ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan, atau bisa mengguakan lidah buaya agar menjadi cantik dan bening.

 

4. Hindari kontak langsung dengan sabun cuci
Untuk membersihkan kuku, alangkah baiknya gunakan sarung tangan untuk melindungi kuku dari air sabun. Kemudian gunakan bawang putih untuk membersihkan kuku. Meskipun banyak yang tidak suka dengan aromanya, namun bawang putih dapat memperkuat kuku agar tidak mudah patah dan terhindar dari jamur kuku.

 

5. Jangan mengigit kuku
Kebiasaan mengigit kuku dapat membuat kuku menjadi tidak sehat. Bahkan luka kecil pun memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi. Area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit.*

 

Baca pula : Rutin Ganti Pembalut, Inilah Mitos Seputar Menstruasi