Puter Pelung Tasikmalaya Populerkan Anggungan

Kamis, 23 Januari 2020 20:25 Dede Hadiyana Hobi

Puter Pelung Tasikmalaya Populerkan Anggungan


Koropak.co.id - Para pecinta burung kian tumbuh dan menjamur di seluruh pelosok nusantara, terlebih burung yang memiliki suara merdu. Namun, untuk jenis burung anggungan, masih jarang dijumpai. Namun belakangan ini, pencinta burung tersebut mulai menampakkan eksistensinya di Kota Tasikmalaya yang menamai diri Komunitas Puter Pelung Tasikmalaya.

Komunitas yang bersekretariat di Pasar Burung Cikurubuk Kota Tasikmalaya tersebut berdiri dengan tujuan untuk meramaikan dan memasyarakat anggungan serta melestarikan beberapa jenis anggungan seperti perkutut, derkuku, tekukur, titiran, khususnya puter pelung.

Dijumpai Koropak, Kamis (23/1/2020), Pembina Komunitas Puter Pelung Tasikmalaya Rd. H. Dadan M N, yang akrab disapa Abah Sancang mengatakan selain melestarian burung anggungan, berdirinya komunitas Puter Pelung Tasikmalaya juga untuk memasyarakatkan burung puter khususnya puter pelung.

"Juga untuk memperluas jaringan baik dari segi informasi maupun jual beli yang ke depannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

 

Baca : Kiat Merawat Burung Lovebird Sejak Usia Muda

Ketua II Komunitas Puter Pelung Tasikmalaya Deni menuturkan visi dan misi berdirinya Komunitas Puter Pelung Tasikmalaya untuk memajukan, mengenalkan, dan melesatarikan burung puter pelung di Kota Tasikmalaya.

"Di Tasikmalaya sendiri burung anggungan belum begitu populer. Bahkan masyarakat masih awam dengan anggungan," katanya.

Dengan adanya Komunitas Puter Pelung Tasikmalaya, Deni berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pelestarian burung anggungan lewat ternak, maupun jual beli burung anggungan.*

 

Baca pula : Puter Pelung Tasikmalaya Siap Gelar Kontes Burung Anggungan

 



Berita Terkait